Seminar IPDI Sulawesi UtaraTentang Anemia Dan Hipertensi Pada Penyakit Ginjal Akut, Sukses Dilaksanakan

Ikatan Perawat Dialisis Indonesia Sulawesi Utara membuat seminar yang bertajuk Anemia dan Hipertensi pada Penyakit Ginjal Akut, telah berhasil merefresh pengetahuan perawat dan membuka cakrawala berpikir mahasiswa keperawatan di Kota Manado dan sekitarnya yang diselanggarakan pada Senin, 30 November 2017.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 300 peserta ini dibuka oleh Ketua DPW PPNI Sulut, Ns. Jhon Tangka , M.Kep SpKMB. Dalam sambutannya, Tangka berharap sekiranya pengetahuan tentang penyakit ginjal harus menyentuh masyarakat awam, sehingga mereka bisa memahami bagaimana mencegah penyakit ginjal itu sendiri.

Foto: Stephani Rombot
"Kegiatan seperti ini sangat penting dan kiranya dapat berkesinambungan hingga pada masyarakat awam," Kata DPW PPNI Sulut, Ns. Jhon Tangka , M.Kep SpKMB disela-sela pembukaan seminar.

Suksesnya acara seminar ini tidak terlepas dari kerja keras panitia yang tergabung dalam Pengurus Daerah Ikatan Perawat Dialisis Indonesia Sulawesi Utara. Selain itu, acara ini juga berhasil karena kegigihan dan tangan dingin ketua panitia yang merupakan Perawat Hemodialisa Siloam Hospitals Manado, Ns.Pinkan Wondal, S.kep.

Foto:Stephani Rombot
Berbeda dengan Tangka, Ketua Pengurus Daerah IPDI Sulawesi Utara, Ns. Emil Kapoh S.Kep., mengungkapkan harapannya bahwa kedepan IPDI  Sulawesi Utara bisa membuat pelatihan perawat dialisis agar perawat tidak perlu keluar daerah Sulawesi Utara untuk sertfikasi.

"Kedepan kami inginkan agar pelatihan Perawat Dialisis, bisa diselenggarakan di wilayah Sulawesi Utara," kata Ns. Emil Kapoh S.Kep. yang juga membawakan materi tentang Asuhan Keperawatan Penyakit Ginjal Kronik dengan Anemia.

Foto: Stephani Rombot
Dalam seminar ini Dokter Stella Palar, SpPD-KGH, FINASIM, selaku pembawa materi tentang Anemia pada PGK dan dr. Aditiawardana, SpPD-KGH, membawa materi mengenai Penatalaksanaan Anemia, telah membuat 300 pasang mata sangat antusias mengikuti setiap penjelasan yang dipaparkan oleh kedua dokter tersebut.

Bukan hanya itu, pada sesi kedua dr. Cerelia Sugeng, SpPD juga memaparkan materi yang tak kalah menarik yaitu tentang Hipertensi pada PGK dan Ns. Stephani S. Rombot, S.Kep, lebih fokus pada bagaimana perawat melakukan perawatan terhadap PGK yang terangkum dalam materinya yaitu, Asuhan Keperawatan PGK Dengan Hipertensi.

Stephani yang ditemui secara terpisah oleh halutsiana.com, mengatakan bahwa, seminar ini adalah bagian dari agenda Pengurus Daerah IPDI Sulawesi Utara, yang kedepannya akan dibuat sesempurna mungkin agar baik perawat maupun masyarakat umum dapat memahami tentang penyakit ginjal.

"Seminar semacam ini sudah menjadi agenda Pengurus Daerah IPDI Sulawesi Utara, yang tujuan utamanya, baik perawat maupun masyarakat dapat memahami berbagai macam penyakit ginjal dan tahu cara mencegahnya," Tutup Stephani. 

No comments

Dilarang Berkomentar dengan menggunakan unsur-unsur SARA atau mencemarkan nama baik seseorang dalam bentuk apapun.

Powered by Blogger.