6 Fakta Tersembunyi Tentang Anjing Yang Belum Anda Ketahui

Di era modern seperti sekarang ini, hewan piaraan seperti anjing sangat berguna bagi sebuah keluarga kecil. Selain sebagai penjaga rumah, anjing sering digunakan oleh para pencinta hewan untuk menjadi temannya, maka tidak jarang kita lihat di negara-negara barat ada pergeseran nilai dimana manusia lebih menyayangi hewan piaraannya dari pada orang di sekelilingnya.

Namun hal itu bukan kita harus menghakimi para pencinta anjing karena baik buruk seseorang bukan karena dia memilihara hewan justru mereka yang berprilaku seperti hewanlah yang biasanya dicap buruk.

Berikut fakta tentang anjing yang jarang anda ketahui:

1. Anjing bisa merasakan waktu
Fakta yang membuktikan bahwa anjing adalah sahabat manusia dapat dilihat dari anjing juga bisa merasakan lama atau cepatnya sebuah waktu. Sebuah penilitian menunjukan bahwa anjing mengenal rutinitas pemiliknya. Seekor anjing akan mulai gelisah saat tuanya pulang ke rumah agak telat tidak seperti biasanya.

2. Anjing memiliki indra penciuman terbaik
Anjing juga memiliki indra penciuman yang lebih baik dari beberapa hewan didunia. Bayangkan saja, anjing memiliki 125 juta hingga 300 juta kelenjar penangkap bau. Jika dibandingkan dengan manusia, sangat jauh berbeda karena manusia memiliki 5 juta kelenjar penangkap bau. Dengan demikian anjing dapat mengontrol bau 40 kali lebih dari manusia.

halutsiana.com


3. Anjing bisa berkomunikasi ibarat kita berkomunikasi dengan bayi berumur 2 tahun
Pernah kah anda melihat tatapan anjing seolah berkomunikasi dengan anda atau tuannya?
Ternyata, anjing mempunyai kemampuan berkomunikasi lebih baik dibandingkan hewan lain. Lihat saja ketika seorang polisi memerintahkan anjing untuk mencari sesuatu melalu perintah. Menurut beberapa sumber, anjing memiliki kemampuan komunikasi sama seperti bayi berumur 2 tahun dan anjing bisa memahami 250 kata dan gerakan yang anda lakukan.

4. Anjing mempunyai kemampuan mendengar jauh lebih baik dari manusia
Saat lahir, anjing memang tidak bisa mendengar dengan sempurna. Namun setelah dewasa, anjing mempunyai pendengaran yang lebih baik dari manusia. Anjing bisa mendengar gelombang suara bernada tinggi dan bisa mencapai 67 hingga 45.000 Hertz per detik sedangkan manusia hanya bisa menangkap suara 64 hingga 23.000 Hertz perdetik. Namun keduanya mempunyai kesamaan yaitu pendengaran berkurang saat umur semakin tua.

5. Anjing bisa merasakan perasaan manusia
Sebuah pernyataan kontroversi dari pencinta anjing bahwa hewan yang dikenal dekat dengan manusia ini mempunyai insting merasakan perasaan bahkan penyakit tuannya. Peningkatan detak jantung dan bau keringat disinyalir dapat diketahui oleh anjing sehingga anjing dengan mudah mendeteksi perasaan takut seseorang bahkan bisa mengetahui seseorang sedang hamil. Meskipun demikian banyak perdebatan dari para ahli karena hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

6. Anjing bisa dijadikan kompas atau penunjuk arah
Bukan mengada-ngada tapi anjing sebenarnya bisa dijadikan kompas. Jika anda kehilangan arah dalam sebuah perjalanan, GPS alami ini ini bisa menunjukan kutub magnet utara dan selatan meskipun hal ini sangat tidak menyenangkan karena dilakukan anjing menjadi kompas hanya pada saat buang hajat.

Setidaknya anjing sudah bisa berguna sebagai penunjuk arah saat anda tersesat dan tidak mempunyai GPS atau kompas. Hal ini diungkap oleh para ahli yang saya bahas dan diambil dari berbagai sumber.

Berikut beberapa fakta mencengangkan tentang cara anjing melepas kotoran:
Anjing bisa merasakan medan magnet bumi. Kemampuan untuk merasakan dan orientasi medan magnet bumi telah terdeksi pada hewan yang sering bermigrasi seperti burung, lebah dan ikan paus. Para binatang ini sering menggunakan kemampuan orientasi kutub utara dan selata sebagai navigasi mereka.

Kemampuan ini juga terdapat pada anjing sehingga anjing dapat mengenal kutub utara dan selatan. Penelitian para pakar untuk mendeteksi magnetosesitivity pada anjing terjawab sudah setelah mereka melakukan penelitian terhadap ribuan ekor anjing.

Di Jerman dan Republik Ceko para peneliti mengamati 5582 ekor anjing dan mulai meneliti orintasi navigasi pada anjing. Fakta menunjukan bahwa satu-satunya cara anjing melepaskan kotoran saat jongkok dan berhadapan pada medan magnet utara atau selatan. Pada penelitian itu disebutkan bahwa anjing akan menghindar dari poros arah barat dan timur. Namun sayangnya tidak disebutkan secara ilmiah dan mendetail penyebab ilmiah anjing menghindari arah timur dan barat saat BAB.

Menurut jurnal Frontiers In Zoologi selama tidak ada halangan alami berupa badai, hujan, atau hal - hal yang menganggu konsentrasi  orientasi medan magnet maka anjing akan memilih berhadapan dengan kutub utara dan selatan saat melepaskan kotorannya.

Nah, untuk membuktikan hal tersebut, silahkan sahabat expresi halutsiana mempraktekan dengan cara berjalan mengunakan kompas dan anjing sambil memperhatikan karakter melepaskan kotoran dari anjing.

Post a comment

0 Comments