Inilah 8 Fakta tentang Bumi yang Anda Perlu Tahu

Kali ini Expresi Halmahera akan menampilkan fakta tentang bumi yang perlu diketahui oleh orang Tobelo dan kepada keseluruhan pembaca Expresi Halmahera.
Berikut fakta tentang bumi yang perlu anda ketahui:

Pertama
Matahari adalah sebuah benda raksasa yang ada dalam tata surya kita. Matahari bisa dibaratkan sebagai sebuah bola api yang setiap letupan apinya bisa sebesar jutaan bom atom yang jatuh di Hirosima. Fakta mengejutkan juga tentang besarnya matahari yaitu, 1,3 juta bumi bisa dimuat pada matahari.
halutsiana.com

Kedua
Jika bumi dibor dan dibuat sebuah terowongan lurus menembusi sisi sebelahnya, kemudian anda melompat maka anda membutuhkan waktu 42 menit dengan kecepatan 7900 meter per detik untuk sampai di sisi sebelahnya.
Menembusi bumi membutuhkan waktu 42 menit, kecepatan 7,9 Km/ detik

Ketiga
Fakta berikutnya yaitu kepemilikan tanah atau permukaan bumi terluas adalah ratu Inggris. Ratu Elizabeth II ini memliki tanah dari hasil jajahan kerajaannya. Menurut sumber wikipedia, Ingrris pernah menjajah sebanyak 94 negara di dunia.

Keempat
Butuh waktu 500 detik untuk cahaya matahari menempuh perjalanan dari matahari kebumi. Seperti diketahui bahwa jarak matahari ke bumi adalah 150 juta km dan kecepatan cahaya matahari yaitu 300 ribu km per detik.

Kelima
Jumlah penduduk dunia setara dengan jumlah organisme yang hidup dalam satu sendok makan tanah. sumber

Keenam
Ternyata inti bumi memiliki panas yang sama dengan matahari. Sebuah penelitian mengatakan bahwa panas inti bumi sekitar 6000 derajat celsius. Bumi ini ibarat sebuah telur sedangkan intinya ibarat kuning telur dan kita tinggal di permukaan bumi yang diibaratkan sebgai kulit telur. Bumi bukanlah telur tapi setidaknya memberi kita gambaran bahwa kita hidup diatas sebuah api yang maha dasyat panasnya.

Ketujuh
Selama ini kita hanya mengatahui bahwa petir datang mungkin saat hujan atau badai. Tapi fakta ini menunjukan bahwa petir menyerang bumi sebanyak 100 kali per detik atau 8,6 juta kali per hari.

Kedelapan
Ada cukup emas dalam perut bumi, diperkirakan emas ini membungkusi bumi setebal 1,5 meter. Lebih dari 99 % emas hilang semuanya alias tenggelam ke perut bumi. Ahli geologi Bernard Wood dari Macquarie University Australia mengatakan bahwa, pada inti bumi emas melapis satebal 1,5 meter. Menurut Wood, ada sekitar 1,6 kuadriliun ton emas di inti bumi. "Hal ini terdengar banyak namun jumlah ini terbilang kecil dari jumlah emas secara keseluruhan di perut bumi".

Itulah kedelapan keunikan bumi dan hanya sebagian kecil dari keunikan bumi tempat kita hidup ini.

Post a comment

0 Comments