Tobelo Kota Marahai

Tobelo adalah sebuah wilayah yang terletak di utara pulau Halmahera yang merupakan bagian timur pesisir wilayahnya adalah garis pantai pulau Halmahera bagian utara. Sebuah kota yang berpenduduk dari berbagai latar suku dan agama yang hidup saling berdampingan, membuat potensi pertambahan penduduk ibu kota Kabupaten Halmahera Utara ini terus bertambah. Menurut wikipedia jumlah penduduk Kabupaten Halmahera Utara pada tahun 2003 tercatat sebanyak 165.326 jiwa, sedangkan penduduk Kabupaten Halmahera Utara pada tahun 2007 berjumlah 220.765 jiwa.

Berkaca pada konflik horizontal masyarakat Tobelo pada tahun 1999-2001, Tobelo menjadi daerah yang sukar ditembusi oleh pihak-pihak yang tidak mengingini perdamaian. Hal ini tidak terlepas dari peran LSM, PEMDA setempat, pemuka-pemuka agama dan masyarakat Halmahera Utara yang terus mengkampanyekan perdamaian di bumi Hibualamo.

halutsiana.com
Pantai Tobelo (Sumber: my collection)
Atas dasar perdamaian dan hidup berdampingan satu dengan yang lain, kota Tobelo kini menjadi kota dagang tersubur di daerah Maluku Utara. Namun menurut data BPS (2012), Kabupaten Halmahera Utara pertumbuhan ekonomi tertinggi di atas rata-rata, tapi pengurangan kemiskinan dibawah rata-rata (high-growth, less-pro poor). Kondisi ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi di daerah tersebut belum memberi dampak penuruan angka kemiskinan secara nyata. Tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah daerah adalah mendorong pengembangan sektor dan kegiatan ekonomi yang menyerap tenaga kerja relatif tinggi seperti pertanian dan perkebunan, serta usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi. Tantangan lainnya adalah meningkatkan koordinasi sinergi dalam mengoptimalkan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. Disisi lain Halmahera Utara mempunyai Index Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi dari dari seluruh kabupaten di Maluku Utara.

halutsiana.com
Dampak peningkatan pertumbuhan ekonomi terhadap peningkatan IPM tahun 2008-2012 (sumber BPS, 2013)
Dari uraian diatas, sangatlah jelas bahwa Kabupaten Halmahera Utara membutuhkan pemimpin yang memperhatikan masyarakat miskin. Diharapkan pemimpin yang terpilih nanti mampu memperhatikan aspek lapangan kerja untuk tidak selalu bergantung pada sektor pekerjaan primer yaitu pertanian, sehingga struktur peningkatan ekonomi berimbang antara sektor pertanian dan sektor-sektor lainnya dan didukung oleh infrastruktur yang memadai seperti listrik.

Beberapa saat lagi masyarakat HALUT akan mengadakan pesta demokrasi tingkat daerah dalam rangka memilih bupati.
Nah, masih banyak lagi kekurangan-kekurangan yang ada di negeri Hibualamo. Yang jadi pertanyaan siapakah pemimpin masa depan Tobelo Marahai? Jawabannya ada di tangan warga Hibualamo.