Ini Penjelasan BMKG soal Gempabumi HALBAR

HALUTSIANA.COM,-Gempa yang melanda warga Jailolo dan sekitarnya akhir-akhir ini cukup membuat warga hidup dalam rasa was-was. Gempabumi secara beruntun ini sudah mulai menunjukan tanda- tanda reda. Meski demikian, BMKG Maluku Utara terus berupaya menenangkan warga yang hidup dalam rasa takut. Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (GMKG) Maluku Utara melakukan penjelasan melalui Press Release. 


halutsiana.com
sumber: bmkg maluku utara
Adapun penjelasan BMKG Maluku Utara sebagai berikut:

Menanggapi peristiwa gempabumi tektonik yang terus terjadi di Halmahera Barat akhir-akhir ini maka kami menyambpaikan pernyataan :

  1.  Aktivitas gempa bumi yang terjadi di Halmahera Barat adalah tipe swarm. Swarm adalah aktivitas gempabumi tektonik yang mempunyai karakteristik frekuensi kejadian cukup banyak, kekuatan relatif kecil dan aktivitasnya dapat berlangsung lama.
  2. Gempabumi ini tidak akan diikuti oleh gempabumi besar, sehingga tidak akan memicu terjadinnya tsunami.
  3. Berdasarkan monitoring yang dilakukan oleh BMKG, hingga harini telah terjadi penurunan baik dalam frekuensi kejadian maupun magnitudonya.
  4. Masyarakat diminta agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu dari sumber-sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. 
Demikian isi press release oleh BMKG Maluku Utara yang di tandangani oleh kepala pusat bidang gempabumi dan tsunami GMKG Drs. Mohchamad Riyadi, M.Si.

Seperti diketahui bahwa Halmahera barat dalam dua pekan ini selalu mengalami gempabumi secara berulang. Meski mempunyai magnitudo yang relatif kecil namun gempabumi ini sudah membuat warga menjadi panik. (Ya2n)

Post a comment

0 Comments