Siloam Hospitals Manado Melakukan Talk Show Tentang Hemofilia

HALUTSIANA.COM-MANADO (19/02) - Dalam rangka meningkat pelayanan di bidang kesehatan, Siloam Hospitals Manado bekerja sama dengan radio Golden Heart 92.6 FM melaksanakan talk show tentang hemofilia. Dalam talk show kali ini hadir sebagai nara-sumber yaitu dr. Harlinda Haroen, Sp.PD-KHOM dan Prof. dr. Linda A.W. Rotty, Sp.PD-KHOM. 

Menurut dr. Harlinda Haroen, Sp. PD-KHOM, sebagian masyarakat awam mengetahui hemofilia sebagai suatu penyakit yang ketika terjadi perdarahan akibat luka, sangat sulit berhenti perdarahannya. Tentunya anggapan ini tidak salah karena seperti itulah manifestasi klinis dari penyakit hemofilia.
Hemofilia sejatinya hanya terjadi  pada pria yang didapat dari faktor genetika. "Hemofilia berasal dari kata haem yang artinya darah dan phillia cinta kasih. Jadi hemofilia didapat dari cinta ibu kepada anaknya" tutur dokter yang berulang tahun ke 59 tanggal 26 Maret nanti. dapat bervariasi dalam tingkat keparahannya, tergantung pada tipe mutasi (kerusakan genetik) yang terjadi. Derajat gejala tergantung pada kadar faktor pembekuan yang terkena. Penyakit hemophilia berat didefinisikan sebagai aktivitas faktor <1%, 1% sampai 5% aktivitas faktor dikatagorikan sebagai penyakit yang sedang, dan lebih besar dari 5% merupakan aktivitas faktor penyakit ringan.  

halutsiana.com

Setelah memaparkan materi edukasi tentang hemophilia sekitar 15 menit, kesempatan berikut diberikan kepada Prof. dr. Linda Rotty, Sp.PD-KHOM. 
Menurutnya, mengatasi hemofilia secara dini dapat dilakukan dengan pola RICE yang penjabarannya sebagai berikut:
  • Rest :Penderita harus senantiasa beristirahat, dan jangan banyak melakukan kegiatan berat atau yang sifatnya kontak fisik. 
  • Ice :Jika terjadi luka segera perdarahan itu dibekukan dengan mengkompresnya dengan es.
  • Compression : Dalam hal ini, luka itu juga harus dibebat atau dibalut dengan perban.
  • Elevation : Berbaring dan meninggikan luka tersebut lebih tinggi dari posisi jantung.
halutsiana.com

Pada sesi tanya jawab, animo para pendengar radio Golden Heart 92.6 FM maupun peserta talk show yang ada di lobi Siloam Hospitals Manado sangat besar, hal itu terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh mereka seputar hemofilia.
Meskipun demikian, banyak peserta yang berharap agar acara seperti ini harus dibuat dengan topikmyang lebih luas lagi, tidak terbatas pada hemofilia, misalnya tentang kanker. "Torang harap rumah sakit siloam (Siloam Hospitals Manado) beking ni acara jang cuma soal hemofilia tapi juga tentang kanker". kata ibu Lili, salah satu peserta yang hadir di talk show tersebut. Ya2n

Post a comment

0 Comments