Inilah Zat Berbahaya Bagi Bayi

Banyak beredar zat berbahaya bagi bayi disekeliling anda yang tanpa disadari telah digunakan bagi bayi kesayangan anda. Jika dalam merawat bayi anda menggunakan lotion, parfum dan bedak yang harum bagi bayi, sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini.

Parfum
Jangan tergoda dengan harumnya parfum yang secara medis dapat menyebabkan gangguan kulit pada bayi seperti, iritasi dan alergi pada kulit yang dapat menyebabkan dermatitis kulit. Biasanya zat pada parfum tidak ditunjukan pada kemasa parfum tersebut. Untuk itu sebaiknya para ibu harus jeli dan tidak terlalu bergantung pada keharuman parfum bayi yang pada akhirnya dapat menjadi penyakit kulit.

halutsiana.com
Sumber gambar: Facebook.com
Phthalet dan paraben
Bahan kimia berbahaya yang sering digunakan untuk bayi adalah phthalet dan paraben. Dikatakan zat ini berbahaya bagi kulit karena zat phthalet dan parabean biasanya digunakan sebagai pengawet pada lotion dan shampo untuk bayi. Pada orang dewasa zat phthalet dapat menyebabkan penurunan kemampuan agresifitas sperma juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi, alergi penyakit asma bahkan kanker. Pada dasarnya untuk menghidari bayi dari gangguan kulitbakibat bahan kimia, para ibu sebaiknya menghindari produk lotion bayi atau shampo yang berakhiran dengan zat "parabean".

Formaldehyde dan pengawet yang menimbulkan formaldehyde
Formaldehyde adalah suatu bahan kimia yang dicampur dengan bahan yang mengandung air pada produk perawatan bayi agar tidak menimbulkan pertumbuhan jamur pada produk tersebut. Formaldehyde biasanya di campur langsung dalam produk perawatan bayi atau didapat dari pengawet yang ada pada shampo bayi, lotion bayi atau parfum bayi. Seperti pada zat phthalet dan parabean, formaldehyde menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, masalah alergi, mual. Untuk menghidari berbagai masalah pada bayi, jangan menggunakan produk yang mengandung glyoxal, 2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol, quaternium-15, imidazolidinyl urea, DMDM hydantoin, urea, sodium hydroxymethylglycinate dan diazolidinyl.

Zat 1,4 -dioxane
Produk sabun mandi dan sabun cair biasanya mengandung 1,4-dioxane. Bahan 1,4-dioxane adalah zat kimia yangbtidak ada secara langsung melainkan hanya sebagai pendamping dari zat kimia lain yang ada pada sabun bayi, sehingga tidak akan kita temukan dalam komposisi yangbtertera pada label suatu produk. zat 1,4 dioxane ini bisa imengakibatkan kanker dan berhubungan dengan toksisitas organ dan alergi kulit.Untuk menghindari zat-zat yang dapat merusak kulit bayi, jangan gunakan produk yang mengandung xynol, sodium laureth sulfate, PEG, ceteareth, dan oleth.

Vitamin A dan oxybenzone
Vitamin A pada hakekatnya aman dan sangat bagus untu kesehatan kulit pada bayi. Akan tetapi apabila digunakan digunakan dengan tabir surya, kulit bayi akan mendapat masalah saat terkena sinar matahari.
Sebuah penelitian menunjukan, retinyl palmitate, jenis vitamin A, mempercepat perkembangan tumor pada kulit. Agar tidak mudah terkecph dengan produk perawatan bayi sebaiknya lihat label pada kemasan , dan hindari zat-zat berikut:  retinoic acid, vitamin A, retinyl palmitate, retinol, retinyl acetate, retinyl linoleate dan oxybenzone. Sebagai tambahan, zat oxybenzone yang biasanya ada pada tabir surya, dapat mengakibatkan masalah endometriasis atau masalah reproduksi lainnya.

Post a comment

0 Comments