Buat Kamu Yang Mau Sukses, Belajarlah Pada Google Yang Penuh Inspirasi


HALUTSIANA.COM - Google berdiri pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Bring, melalui fitur utama search engine yang terkenal didunia, Google resmi menjual saham bebas melalui NASDAQ dan berhasil meraih keuntungan hingga milyaran dolar Amerika.

Fitur utama Google menjadi mata bagi dunia untuk melihat dan mengetahui dunia lainnya. Informasi dalam bentuk apapun, baik teks, gambar, audio dan video, baik itu bahasa Jawa, Batak, Inggris, Perancis dan bahasa bangsa lainnya dapat kita temukan di Google search engine. Bahkan orang buta informasi internet pun bisa melek seketika. Berbagai aplikasi google yang sangat mengagumkan seperti gmail, browser chrome, Google Map, Picasa, Google Latitude dan masih banyak lagibukti peforma google yang gemilang.

expresi halutsiana
sumber gambar: www.pakistankakhudahafiz.com
Googleplex
Gooogleplex memiliki kantor lebih dari 50 negara didunia dan bermarkas di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View. Sangat menarik karena Googleplex tidak seperti kantor pada umumnya. Kita bisamelihan suasana kerja santai di Googleplex dengan penampilan karyawannya yang casual, penuh kesenangan dan produktif.

Fakta tersembunyi Google
Tahukah anda kalau istilah google berasal dari kata "googol" jargon matematika yang berarti angka 1 diikuti 100 (sangat banyak) angka nol. Ini mewakili cakupan Google yang sangat luas seperti misinya "to organize the word's information and make it universally accessible and useful".

10 Filosofi Google
Luar biasanya, Google termasuk pemain baru dalam dunia bisnis namun berhasil memacu akselerasi sukses dengan sangat cepat, bahkan supercepat. Sukses Google dibangun dengan suasana kerja yang santai tapi tetap serius dan filosofi yang kuat. Berikut filosofi Google:

1. Fokus pada pengguna maka yang lain pasti mengikuti
2. Lakukan hal terbaik dengan sangat baik
3. Lebih mengutamakan cepat daripada lamban
4. Dalam pekerjaan web harus ada demokrasi
5. Tidak perlu bekerja di meja untuk sebuah jawaban
6. Kita bisa mendapat uang tanpa berbuat jahat
7. Diluar sana selalu ada informasi
8. Kebutuhan akan informasi melampaui segala batas
9. Tanpa kostum pun kita bisa serius
10. Menjadi hebat tidak cukup menjadi baik

Filosofi yang sangat inovatif mengakomodasi pola hidup dan budaya masa kini tanpa mengesampingkan profesionalosme. Filosofi ini tidak mengutamakan win-win solution antara Google dan user, tapi Google dan Googler-nya

Satu hal menarik yang bisa kita pelajari dari pemgalaman Google dalam mencapai sukses. Semuanya dilakukan untuk memudahkan pekerjaan pengguna, menyukseskan orang lain, begitulah cara Google.

Sukses banyak orang adalah sukses kita

Even if you don't know exactly what you're looking for, finding and answer on the web is our problem, not yours" - Googler -
Google memulai mimpinya dengan sebuah niat luar biasa, memudahkan orang bernavigasi, searching atau bowsing. Merupakan tujuan yang baik dan tidak hanya berorientasi pada diri, tapi juga orang lain adalah modal pokok sebuah kesuksesan sejati.

Tidak ada hal buruk yang direstui Tuhan.Jadi, pastikan definisi sukses anda, selaraskah dengan kehendak-Nya. Sering orang berpikir, bagaimana bisa beri maan orang saat kita kelaparan? Aaah menunggu kita bahagia  aru menyenangkan orang? Jika dipikir-pikir, apakah menunggu dapati kaya, bahagia dan kekenyangan baru bisa berbagi? Kaya, kenyang, bahagia sangatlah relatif yang cenderung tak terpuaskan, lalu kapan saat itu tiba?

Google membuktikan bahwa dengan niat baik segalanya (termasuk kekayaan) akan menyusul. Bukan mengejar kekayaan dulu baru berbuat baik.

No time extended
Inovasi Google dicurahkan untuk kemudahan dan kecepatan akses user. Makin cepat meninggalkan Google, itu lebih baik. Menghargai waktu lrang itu lebih penting. Sayang sekali, di negeri kita banyak yang tidak menghargai waktu orang lain, mulai dari jadwal rapat, hingga jadwal pesawat seringkali delay. Inilah suatu pembeda negara kita dengan negara lain seperti Jepang.

Kita bisa belajar dari Google bahwa waktu adalah sesuatu yang berharga. Semua orang normal sepakat bahwa menunggu adaah sesuatu yang menyebalkan.

Setidaknya kia belajar sukses ala Google tentang berbagi dengan orang lain mengenai betapa pentingnya waktu orang lain. Belajarlah dari Google, bahwa menjadi sukses tidak harus membuat orang jengkel pada kita. 

We when your yime valuable, so when you're seeking an answer on the web you want it right away and we aim to please. - Googler -

Work as fun
Sudah kita lihat bagaimana suasana kerja googleplex, menyenangkan. Bahkan Googler tidak perlu berdasi, berjas dan menjaga image antara atasan dan bawahan. Bekerja dengan fun ditengah fasilitas yang menyenangkan. Google justu bisa menggunakan hal-hal yang hebat tanpa suasana yang serius. Menurut Google, ide-ide kreatif muncul saat suasana hati ceria.

Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Jika anda belum mempunyai wewenang ini, mulailah menciptakan suasana hati yang menyenangkan. Berpikir positif itu caranya Pandanglah setiap pekerjaan sebagai suatu petualangan, proses dan kesempatan yang Tuhan anugerahkan untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik.

Masalah itu pasti, masalah itu pilihan. Bobot masalah tetap, kekuatan kita yang relatif. Kekuatan sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita berpikir. Berpikir positif akan menghasilkan energi positif yang akan menyemangatkan jiwa dan mendorong kekuatan fisik. Sebaliknya, berpikir negatif akan menghasilkan energi negatif yang akan menghasilkan fisik yang lemah dan tidak bersemangat.

Our Founders buit Google around the idea that work should be challenging and the challenge shoul be fun

Keep Improved
Menjadi hebat adalah awal perjalanan menuju sukses, bukan tujuan akhir. Saat itu, perjalanan berikut akan menjadi lebih hebat. Ini adalah konsep Continuous improvement. Googler selalu ada informasi lintas batas dan lebih diluar sana.

Walau sudah mengindex HTML pages lebih banyak dari pada search engine lainnya, agar semua informasi dunia dapat disajikan untuk seluruh user. Pencapaian milestone atau target bulanan Google merupakan inovasi luar biasa yang memerlukan semangat perbaikan terus menerus.

Yup, begitu pula cara peningkatan kualitas dan peforma diri Teruslah berusahan menjadi baik. Tidak cepat menyerah atau puas dalam zona nyaman. Jika hari ini anda membuat satu orang tersenyum, lakukanlah esok untuk dua orang tersenyum.

Jika hari ini anda melakukan pekerjaan dengan baik, lakukan besok dengan lebih baik lagi. Demikianlah anda akan menikmati setiap tuaian yang anda tabur.


Post a comment

2 Comments

  1. Pelajaran berharga dari Google untuk Googler. Hebat! Terimakasih

    ReplyDelete

Dilarang Berkomentar dengan menggunakan unsur-unsur SARA atau mencemarkan nama baik seseorang dalam bentuk apapun.