Cara Mengatasi Dan Mencegah Bulu Pada Pakaian

Baju berbulu atau piling terjadi ketika serat dalam kain atau pakaian bergesekan, hal ini menyebabkan bulu dari bahan pakaian rusak dan membentuk tumpukan bulu kecil. Baju berbulu biasanya terjadi setelah memakai saat tidur dan mencuci dengan kasar akibat mesin cuci. Pakaian favorit sebaiknya tidak dipakai saat tidur agar bisa menghindari gesekan.

Gunakan Amplas halus

halutsiana.com
sumber gambar: wikihow>com
Jika menggosok pakaian dengan amplas ini, bulu pada pakaian akan hilang akan hilang!

Dengan cara menggunting
Tergantung pada jumlah dan ukuran bulu, mungkin dapat memangkas dengan gunting. Letakan pakaian pada permukaan yang datar. 

halutsiana.com
sumber: wikihow.com

Tarik bulu satu per satu kemudian pangkas dengan gunting. Juuga dapat meletakkan tangan Anda di dalam pakaian untuk menariknya , dan kemudian dengan lembut memangkas bulu. Pastikan untuk memegang gunting dekat dengan kain. Buatlah dengan lembut dan perlahan, sehingga tidak merusak kain. Gunting kuku kecil lebih aman untuk digunakan.

Ambil pisau cukur sekali pakai
Letakan pakaian pada permukaan yang datar. Tarik kain dengan satu tangan (seperti terlihat pada gambar). Ini akan mencegah agar pakaian tidak sobek oleh pisau cukur. 

halutsiana.com
Add caption

Mulai dengan menyentuh bahan baju yang berbulu dengan lembut mungkin dan tekan pisau cukur seperlunya. Setelah itu, kumpulkan tumpukan bulu, menggunakan lakban untuk menghapus bulu dari kain. Tekan kain untuk mengambil bulu yang sudah terlepas. Pastikan untuk menggunakan pisau cukur yang tajam atau belum pernah dipakai. Hal ini akan efektif menghapus bulu yang menempel pada baju. 

Rol rambut yang sangat lembut dapat digunakan untuk pada bahan halus seperti wol. Letakan pakaian pada permukaan yang datar dan menariknya. 
halutsiana.com
sumber: wikihow.com
Hal ini dapat dilakukan seperti pada gambar. Gulunglah dengan lembut ke atas dan keluar sampai daerah sampai pakaian bersih. buli akan terjebak dalam rol rambut.

Jika memiliki sepotong perekat Velcro juga dapat menggunakan ini untuk menghapus bulu. Pertimbangkan untuk menggunakan perekat Velcro karena cara ini sangat rentan membuat bahan pakaian anda rusak. 

halutsiana.com
sumber: wikihow.com

Gunakan secara perlahan, tarik dan ulangi sampai bulu hilang. Metode ini dapat merusak kain sangat halus, jadi jangan digunakan pada pakaian berbahan wol.

 CARA MENCEGAH TERJADINYA BULU PADA PAKAIAN
Kain yang terbuat dari campuran serat lebih rentan terhadap bulu. Serat campuran menggabungkan serat alami dan sintetis, keduanya lebih cenderung mengalami gesekan bersama-sama dan membentuk bulu. 

halutsiana.com
sumber: wikihow.com

Hal ini terutama berlaku untuk kain dengan tiga atau lebih jenis serat.

Carilah pakaian yang mempunyai rajutan rapat dan erat. Periksa kain sebelum membeli. Kain yang rajutannya longgar dan mempunyai pori-pori yang besar cenderung terjadi bulu.

halutsiana.com
sumber: wikihow.com

Mengubah pakaian dari dalam ke luar sebelum dicuci. Ini akan mencegah pakaian saling gesek saat kita mencucinya. 

halutsiana.com
sumber: wikihow.com

Ketika melipat pakaian jangan lupa kembalikan pakaian pada posisi sebenarnya yang sebelumnya dibalik dari luar kedalam.

Jika memakai mesin cuci, gunakan program lembut. Gunakan program halus saat mencuci di mesin cuci. 

halutsiana.com
sumber: wikihow.com
Metode lembut dan halus lebih pendek durasinya, menyebabkan kurang abrasi di pakaian. Pertimbangkan mencuci dengan tangan untuk pakaian seperti sweater yang lebih mungkin untuk berbulu.

Jangan menggunakan detergen serbuk, hal ini dapat menimbulkan bulu pada pakaian. Bulu terjadi akibat abrasi dan gesekan dengan detergen yang belum larut dengan air. 

halutsiana.com
sumber: wikihow.com

Kalau menggunakan detergen serbuk, sebaiknya dilarutkan dulu dalam air hingga tidak terlihat serbuk-serbuk detergen. Menggunakan detergen cair sangat dianjurkan.

Jangan menggunakan pengering listrik. Pengering listrik menggandung suhu panas sehingga dapat merusak kostruksi kain yang dapat menimbulkan bulu


Post a comment

0 Comments