Jumlah Kanker Usus Dan Kanker Serviks Terus Meningkat, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Banyak yang orang tidak menyadari bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, jumlah penderita kanker juga meningkat pesat. Data WHO menyebutkan, lebih 20.000 orang meninggal setiap hari akibat kanker. Disebutkan juga angka penderita kematian kanker lebih besar dari AIDS, TBC dan sekalipun digabungkan dengan malaria, kanker masih tertinggi.

Ada lebih dari 100 jenis kanker yang ada pada setiap organ atau bahian tubuh manusia. Namun hal ini bisa dicegah 30% secara dini dengan memiliki olaraga yang cukup, tidak merokok atau minum minuman mengandung alkohol.

halutsiana.com
Ilustrasi : Artis Penderita Kanker Serviks
Pemeriksaan kanker secara dini dan teratur dapat mencegah atau mendeteksi kanker lebih awal, bila cenderung menyebar, yang berarti pengobatan dapat dimulai lebih awal dalam perjalanan penyakit. Deteksi dini memungkinkan lebih banyak pilihan pengobatan dan hasil kesehatan yang lebih baik.

Kanker Payudara
Kira-kira satu dari delapan wanita akan mengalami kanker payudara seumur hidupnya. Pemeriksaan Mammogram rutin bisa menemukan kanker payudara lebih awal, biasanya sebelum menyebar.

Siapa yang harus melakukan pemeriksaan mammogram ?
Wanita usia 40-74 tanpa riwayat keluarga kanker payudara mungkin memiliki mammogram setiap dua tahun sekali.
Wanita usia 40-74 dengan satu tingkat relatif (ibu, saudara perempuan, atau anak perempuan) dengan kanker payudara harus memiliki mammogram setiap tahun.
Sebaiknya pemeriksaan mammogram dapat dilakukan setiap duatahun sekali.

Kanker Serviks
Kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. pemeriksaan untuk kanker serviks, dapat dilakukan dengan Pap smear, yang tentunya bisa menemukan sel abnormal di serviks sebelum menjadi kanker. Jika sel abnormal ini ditemukan dan diobati dini, kanker serviks bisa berhenti berkembang.

Skrining ini juga dapat mengidentifikasi kanker pada tahap awal - sebelum dapat menyebabkan gejala. Jika kanker serviks ditemukan pada tahap awal, kemungkinan bertahan lebih dari 85 persen.

Siapa yang harus menjalani tes Pap Smear.?
Wanita berusia antara 25 dan 69 harus menjalani tes Pap setiap tiga tahun. Konsultasilah dengan dokter spesialis onkologi tentang bagaimana dan kapan pemeriksaan dini kanker serviks.

Kanker Usus besar (Kolorektal)
Kanker kolorektal adalah salah satu bentuk kanker yang paling sering didiagnosis, yang mempengaruhi satu dari enam orang di British Columbia.

Pemindaian usus secara teratur dapat mencegah kanker usus besar dengan menemukan dan menyingkirkan polip sebelum berubah menjadi kanker. Kanker usus besar lebih mudah diobati bila ditemukan pada tahap awal. Dengan deteksi dan pengobatan dini, tingkat kelangsungan hidup sekitar 90 persen.

Siapa yang harus skrining kanker usus besar?
Ada dua tes yang digunakan untuk skrining kanker usus besar: uji imunokimia tinja (Fecal Iimmunochemical Test) dan kolonoskopi.

FIT direkomendasikan setiap 2 tahun untuk orang-orang yang tidak memiliki riwayat adenoma pribadi atau riwayat keluarga kanker usus besar yang signifikan.

Colonoscopy direkomendasikan setiap 5 tahun untuk orang dengan riwayat keluarga kanker usus besar atau riwayat hidup adenoma.

(sumber: bccancer.bc.ca)

Post a comment

0 Comments