5 Tips Mengatur Waktu Anda Untuk Menulis Artikel Agar Berbobot

Para pencinta blogger yang budiman, kalian pasti pernah melihat tumpukan pakaian yang belum dicuci dalam keranjang atau tumpukan piring dalam washtafel yang sudah menumpuk. Kalau hal ini terjadi, bagaimana cara kita meluangkan waktu untuk menulis artikel diblog kesayangan kita.


Banyak blogger profesional bahkan mengunci diri dalam kamar dan mengabaikan setiap kewajiban demi menulis artikel dan mempromosikan posting terbaru mereka. Jika agan-agan seperti ini, berarti anda tidak sendiri melainkan mempunyai beberapa teman blogger yang mempunyai masalah sama dengan blogger lainnya. Hal ini merupakan masalah umum untuk setiap blogger tidak terkecuali para blogger profesional.

Berikut tips cara mengelolah waktu untuk menulis artikel diblog.

1. Buat Tujuan anda menulis blog
Jika seorang penulis blog mempunyai satu tujuan atau goal yang spesifik, maka penulis tersebut akan memilah mana waktu yang tidak terlalu penting dan waktu yang menurut dia sangat berharga, termasuk menulis artikel.

Jadi, jika anda mau menulis artikel diblog kesayangan anda, sebaiknya kurangi waktu untuk membuka atau membaca facebook dan mencoba mengembangkan talenta sebagai penulis. Pusatkan perhatian anda pada tujuan anda, bukan pada hal-hal yang sudah menjadi kebiasaan buruk anda. Misalnya, setiap hari, anda menghabiskan beberapa jam untuk menonton film drama berseri di laptop atau menggunakan waktu berharga anda untuk jalan-jalan di mall hanya demi menyenangkan mata anda.

Sediakan waktu 10 menit hingga 30 menit untuk melihat setiap kejadian yang ada dalam blog anda. Sebagai contoh, saya setiap hari memerlukan waktu 10 menit untuk melihat trafik blog saya. Dengan demikian, saya telah memberi waktu untuk perkembangan blog dan ini adalah hal kecil yang mempunyai dampak besar, karena dengan mengetahui trafik blog yang kecil atau menurun, seorang blogger akan mempunyai naluri untuk kembali menulis artikel agar trafiknya kembali meningkat.

2. Memikirkan ide menulis diantara waktu berharga anda
Jika seseorang benar-benar mempunyai hobby menulis di blog, dia akan selalu bertanya dalah hatinya tentang ide apa yang hendak ditulis nanti setelah pulang kerja atau setelah menyelesaikan tugas kuliah. Hal ini secara tidak langsung seorang blogger sudah menyiapkan ide untuk menulis arikel, hanya saja belum punya waktu untuk mengeksekusinya.

Misalnya anda bisa memikirkan ide tulisan didalam keheningan toilet saat sedang melakukan buang air besar. Pernahkah anda memikirkan sesuatu saat sedang buang air besar? Lakukan ini untuk mengembangkan blog kesayangan agan-gan semuanya, karena tanpa waktu untuk sebuah rencana, maka anda akan menjadi seorang blogger musiman, yaitu blogger yang menulis setahun sekali atau tri-wulan sekali.

3. Jika waktu untuk menulis, lakukan itu untuk menulis
Terkadang para blogger menyia-nyiakan waktu yang seharusnya tidak perlu terjadi, jika waktu untuk menulis tidak dibarengi dengan membuat status di facebook atau membalas status facebook orang lain. Saya sering mengalami hal ini, saat saya kebelet untuk menulis, tiba-tiba saya samparin teman-teman difacebook saya dan akhirnya saling membalas obrololan.

Hal ini mengakibatkan tujuan menulis saya menjadi berantakan bahkan tidak jadi menulis karena perubahan komitmen secara mendadak. Pada hal, orang sukses itu harus mempunyai pendirian yang teguh, bukan menjadi orang yang plin-plan.

4. Memulai menulis dengan paragraf yang mudah menimbulkan ide cerita selanjutnya.
Setiap orang mempunyai tingkat kesulitan sendiri-sendiri  untuk menulis. Terkadang hal yang paling sulit adalah menulis isi dari judul artikel yang sudah ada dalam pikiran kita. Namun menurut saya, hal ini akan terasa mudah jika kita mulai menulis tanpa menghapus satu katapun saat memulai sebuah paragraf dari tulisan.

Tips ini biasanya dipakai oleh para blogger profesional dalam menulis artikel-arikel yang berbobot dan original. Mereka selalu memeriksa susunan kata setelah selesai menulis lebih dari satu paragraf. Hal ini agar konsentrasi tidak terpecah belah antara mau membetulkan susunan kalimat atau melanjutkan ide cerita yang sebentar nanti mereka akan lupa ide tersebut karena konsentrasi sudah pada penyusunan kalimat.

Jadi, lakukan tahap editing tulisan anda setelah anda yakin artikel anda hampir selesai atau sudah selesai.

5. Menulislah dengan mengikuti irama bukan dengan mengikuti jadwal
Hal ini akan berbeda pada orang yang berbeda, tidak semua sama dalam jalani tips ini. Seorang blogger pemula, sebaiknya meluangkan waktu 30 menit setiap hari agar dapat terus memeriksa dan mengikuti irama perkembangan inspirasi yang ditulisnya. Misalnya jika dia menulis suatu artikel dalam 30 menit dan belum selesai, artikel tersebut akan tersimpan di draft posting, sehingga dia bisa memeriksa lagi pada esok hari dan semoga akan menemukan inspirasi baru setelah melewati satu hari.

 Jika anda hanya fokus pada 1 postingan setiap hari, maka bersiaplah karena blog anda akan memngganggu kehidupan nyata anda. 2-3 posting dalam seminggu, bukan masalah, yang akan jadi masalah jika postingan anda tidak mendapat trafik yang baik karena tidak berbobot.

Post a comment

0 Comments