Apa Saja Yang Harus Dilakukan Menjelang Pensiun? Ini Jawabannya

Ada pepatah yang mengatakan bahwa, "First, you are young. Then You Are Middle-aged. Then You are old. Then You are wonderful."

Apa yang anda bayangkan tentang masa tua? Apakah kehidupan bersama keluarga tercinta dan hanya tinggal menikmati bahagia?

Atau, hidup anda hanya dibayangi oleh sederetan rasa takut dan khawatir tentang masalah-masalah kehidupan yang akan anda hadapi, seperti masalah keuangan, kesehatan kesendirian, berhenti bekerja dan lain sebagainya.

halutsiana.com

Setiap orang yang memasuki usia senja pasti akan mengalami perubahan fisik. Semakin tinggi usia, penglihatan dan pendengaran akan menurun, mulai timbul nyeri sendi ataupun rematik.Aduh pak, masih lama, saya masih produktif, usia saya 40 tahun, kata seorang teman. Buat apa mikir yg masih jauh... Betulkah?

Usia 30-40 tahun adalah usia yang pas buat merencanakan "saat Pensiun nanti saya mau berbuat apa" biar tetap produktif
Karena menjadi tua merupakan sebuah keniscayaan yang akan dialami setiap manusia, "Tua Itu Pasti, Bahagia dan Produktif Itu Pilihan"

Justru Pensiun adalah happy hour, waktu bagi Anda untuk melakukan kegiatan dan impian yang belum sempat terealisasikan sewaktu bekerja.

Meratapi bahwa Anda sudah tidak bekerja hanya akan membuat Anda kehilangan indahnya masa happy hour.

Karena itu, buatlah diri Anda tetap produktif di masa pensiun. Produktif yg nikmat &menghasilkan. Produktif yang bermanfaat bagi sesama.

Bagaimana caranya untuk tetap produktif dan bahagia di masa pensiun?
Pertama, cari tahu siapa diri Anda dan apa yang membuat diri Anda merasa berharga.

Kedua, Buatlah rencana-rencana aktivitas yang menyenangkan! Inilah hidup Anda. Anda sendiri yang menentukan ingin menjalani hidup seperti apa.

Orang mencintai Anda bukan krn harta, fasilitas yg Anda miliki, melainkan karena apa yang telah Anda hasilkan dan berikan pada orang lain

Salah satu program persiapan pensiun ini adalah menjadi Pembicara, Trainer membagikan expertise yang Anda kuasai
Akan sangat nikmat rasanya, menjadi produktif, menghasilkan dan bermanfaat, diusia pensiun nanti. Persiapkanlah mulai sekarang!!

Sumber: Buku Speak To Change by Jamil Azzaini

Post a comment

0 Comments