Cara Ampuh Menangani Komputer Yang Lambat

Komputer saya berjalan lambat, langkah apa saja yang bisa saya lakukan untuk memperbaikinya?

Postingan ini hanya mencakup komputer yang lambat secara keseluruhan dan bukan komputer yang memiliki boot lambat atau internet yang lelet.

Baiklah saya akan menyajikan langkah-langah bagi pengguna Microsoft Windows yang dapat membantu mempercepat komputer atau menemukan mengapa komputer berjalan lambat.

Reboot
Jika komputer kamu belum di-reboot dalam waktu dekat ini, pastikan untuk melakukan booting ulang sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Program Background
Salah satu alasan paling umum untuk komputer yang lambat adalah program yang berjalan pada Background. Hapus atau nonaktifkan program TSR dan startup yang otomatis dijalankan setiap kali komputer di-boot.
halutsiana.com

Untuk melihat program apa yang berjalan di Background dan berapa banyak memori dan CPU yang mereka gunakan, buka Task Manager. Jika saya menjalankan Windows 7 atau lebih tinggidari itu, jalankan Resmon untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana komputer agan berjalan.

Jika agan memiliki pemindai antivirus di komputer, program perlindungan spyware, atau utilitas keamanan lainnya, pastikan tidak memindai komputer agan di latar belakang. Jika pemindaian sedang berlangsung, dapat mengurangi kinerja komputer agan. Kalau memang demikian, biarkan pemindaian selesai, dan kinerja komputer akan membaik.

Hapus file temp
Komputer menjalankan file - file sementara yang disimpan pada hard drive. Menghapus file temp ini dapat membantu meningkatkan kinerja komputer.

halutsiana.com

Pertama, sebaiknya gunakan Disk Cleanup Windows untuk menghapus file sementara dan file lainnya yang tidak diperlukan lagi di komputer. Disk Cleanup mungkin tidak menghapus setiap file dalam direktori temp.

Oleh karena itu, saya juga menyarankan untuk menghapus file-file sementara secara manual. Untuk melakukannya, buka Start Menu dan ketik temp di kolom Pencarian. Pada Windows XP dan sebelumnya, klik opsi Run di Start Menu dan masukkan temp pada field Run.

Tekan Enter dan folder Temp harus terbuka. Agan dapat menghapus semua file yang ditemukan di folder ini dan, jika ada file yang sedang digunakan dan tidak dapat dihapus, file tersebut dapat dilewati.

Ruang harddisc yang kosong
Verifikasi setiap ruang partisi bahwa ada setidaknya 200-500MB ruang hard drive kosong. Ruang yang tersedia ini memungkinkan komputer memiliki ruang untuk file swap agar bertambah dan juga ruang untuk file sementara.

Jalankan ScanDisk , chkdsk , atau sesuatu yang sama dengan hal itu untuk memverifikasi bahwa tidak ada yang salah secara fisik dengan hard drive komputer .
Jalankan Defrag untuk membantu memastikan bahwa data diatur dalam urutan terbaik.
Gunakan alat perangkat lunak lain untuk menguji hard drive untuk menemukan kesalahan dengan melihat SMART pada drive.

Pindai malware
Saat ini, spyware dan malware lainnya adalah penyebab besar banyak masalah komputer, termasuk komputer yang lamban. Sekalipun pemindai antivirus dipasang di komputer, sebaiknya jalankan pemindaian perangkat lunak anti malware di komputer. Gunakan Malwarebytes versi gratis untuk memindai komputer agan karena malware.

Pindai virus
Jika komputer agan terinfeksi dengan satu atau lebih virus , ini bisa menyebabkan komputer agan berjalan lambat. Jika komputer agan tidak menginstal program antivirus, agan dapat menjalankan aplikasi online Housecall Trend Micro untuk memindai virus di komputer agan dan juga menghapusnya. Sebaiknya agan menginstall program antivirus untuk perlindungan aktif terhadap virus.

Pastikan agan memiliki semua pembaruan Windows terbaru yang diinstal pada komputer.
Jika anda mengakses Internet saat komputer agan lambat, pastikan semua plugin browser sudah terbaru. Agan juga dapat mencoba menonaktifkan plug-in browser untuk melihat apakah salah satunya menyebabkan kelambatan.


Pastikan agan memiliki driver terbaru untuk perangkat keras komputer agan , terutama driver video terbaru . Memiliki driver yang sudah ketinggalan zaman dapat menyebabkan berbagai macam masalah, termasuk kinerja yang lamban.

Upgrade RAM
Jika agan memiliki komputer agan lebih dari dua tahun, agan mungkin memerlukan lebih banyak memori. Saat ini, kami menyarankan komputer memiliki memori minimal 1 GB (RAM) untuk sistem 32-bit dan 2 GB untuk sistem 64-bit . Dengan memiliki cukup memori untuk menjalankan program dalam memori, komputer agan tidak perlu menukar informasi yang tersimpan dalam memori ke file swap. Jika lampu hard drive selalu aktif, ini bisa menjadi indikasi bahwa komputer sering menukar informasi antara memori dan hard drive agan.

Menentukan berapa banyak RAM yang terpasang dan tersedia.
Berapa banyak memori atau RAM yang seharusnya dimiliki komputer saya?
Jenis memori komputer apa yang akan digunakan dalam upgrade memori?
Upgrade hard drive

SSD merupakan salah satu kemacetan terbesar komputer adalah hard disk drive . Upgrade dari hard drive ke Solid State Drive ( SSD ) secara signifikan dapat meningkatkan kinerja komputer.

♥ Jalankan Registry cleaner
Saya biasanya tidak merekomendasikan pembersih Registry. Namun, jika agan telah mengikuti semua langkah di atas dan komputer agan masih lamban, coba jalankan Registry cleaner di komputer.

♥ Komputer atau prosesor terlalu panas
Pastikan komputer dan prosesor agan tidak terlalu panas. Panas yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kinerja komputer yang signifikan karena sebagian besar prosesor secara otomatis mengurangi kecepatan prosesor untuk membantu mengkompensasi masalah yang berhubungan dengan panas.

♥ Berapa suhu prosesor komputer agan?
Debu, kotoran, dan rambut juga bisa menyempitkan aliran udara yang tepat di dalam komputer agan, yang bisa menyebabkan komputer menjadi terlalu panas. Pastikan komputer agan bersih dan kipas tidak terhalang.

♥ Hapus komputer dan mulailah dari awal
Jika tidak ada solusi di atas yang menyelesaikan masalah agan, pilihan lain adalah menginstal ulang Windows atau menghapus semuanya dan kemudian memulai lagi .
Menghapus segalanya dan memulai lagi dapat meningkatkan kinerja dengan menyingkirkan perangkat lunak lama atau driver yang mungkin ada di komputer dan menyebabkan komputer menjadi lambat.

Menginstal salinan Windows, program perangkat lunak, dan driver terbaru membantu memastikan tidak ada masalah terkait perangkat lunak yang menyebabkan komputer agan menjadi lambat.
Masalah perangkat keras

Akhirnya, jika komputer agan masih lambat setelah mencoba semua rekomendasi di atas, mungkin ada masalah perangkat keras yang lebih serius, seperti komponen kegagalan di komputer. Contoh perangkat keras yang gagal bisa mencakup hard drive yang gagal atau buruk , CPU , RAM , motherboard , atau komponen lainnya.

Agan dapat menjalankan tes diagnostik perangkat keras menggunakan utilitas Ultimate Boot CD (UBCD). Utilitas ini menyediakan banyak tes diagnostik yang dapat agan jalankan dan menentukan apakah komputer agan memiliki perangkat keras yang buruk.
Komputer tua

Jika komputer agan berumur lebih dari lima tahun, usia komputer bisa menjadi penyebab kinerja yang lambat. Karena program perangkat lunak yang lebih canggih dilepaskan, mereka dioptimalkan untuk berjalan lebih efisien pada komputer yang lebih baru.

Komputer lama juga tidak dapat menjalankan program baru ini, yang dapat menyebabkannya tampil lebih lambat. Sebaiknya pertimbangkan untuk membeli komputer baru atau menerima bahwa komputer agan tidak akan secepat komputer yang lebih baru.
Seberapa sering saya harus membeli komputer baru?
Informasi tambahan

Mengapa koneksi internet saya jadi lambat?
Apa yang membuat komputer cepat dan bertenaga?
Bagaimana cara meningkatkan kecepatan prosesor.
Apakah ide bagus untuk mengubah ukuran file halaman Microsoft Windows saya?
Lihat definisi lambat saya untuk semua tautan yang berkaitan dengan komputer yang lambat.

Nantikan pada postingan berikutnya.

Post a comment

0 Comments