Membongkar Penyebab Rendahnya Biaya Per Klik (BPK) Google Adsense

Mungkin banyak blogger yang menghabiskan puluhan purnama untuk ngeblog sambil berjuang untuk menghasilkan sedikit uang sedangkan ada juga blogger yang santai dan menikmati hari-hari mereka untuk menghasilkan lebih banyak uang daripada yang lain.

Mau tau rahasianya mengapa demikian?
BPK atau biaya per klik adalah biaya Adsense yang membayar bila seseorang mengklik iklan yang telah anda pasang di situs yang anda miliki.

Perbedaan blog yang satu mendapatkan biaya klik lebih tinggi daripada blog lainnya dikarenakan pada faktor artikel yang original dan kualitas konten hingga pada niche blog yang dimiliki oleh seorang blogger.

Katakanlah anda dan saingan anda memiliki situs tentang makanan. BPK rata-rata anda adalah $ 0,05 dan blogger pesaing anda memiliki BPK sebesar $ 0,50. Itu berarti uang yang akan anda dapati jauh lebih kecil dibanding dengan pesaing anda.

halutsiana.com

Pendapatan anda 10 klik ($ 0,05 x 10 = $ 0,50) VS pesaing anda akan mendapatkannya hanya dalam satu klik (1 x $ 0,50 = $ 0,50) Ini berarti saingan anda hanya melakukan 1/10 dari blognya untuk mendapatkan uang yang sama dengan anda. Keren bukan?

Jika blog tetangga sebagai pesaing bisa memiliki BPK lebih tinggi, kenapa anda tidak? Saya percaya setiap orang harus mendapatkan penghasilan sesuai dengan kerja keras mereka. Itulah sebabnya hari ini saya akan menyajikan beberapa metode untuk meningkatkan BPK para blogger secara alami dan signifikan.

Buatlah niche yang tepat
Para blogger profesional sekalipun banyak menyarankan untuk tidak membuat blog gado-gado. Padahal, blog gado-gado tidak selamanya salah jika kita simpan gado-gadonya dilemari makan bukan di tempat perkakas bahan bangunan. Anda mengerti maksud saya bukan?

Blog dengan satu niche terlalu spesifik, akan membuat google adsense monoton dalam penayangan iklan di blog anda. Sebagai contoh, anda memilih blog kesehatan. Dalam blog tersebut anda tidak harus menyajikan postingan tentang penyakit meluluh, tapi sebaiknya menyajikan tentang, tips hidup sehat, informasi farmasi, makanan bergizi dan masih banyak yang berhubungan dengan kesehatan. Yang terpenting disini anda memunculkan niche kesehatan bukan dicampurkan niche bahan bangunan.

Jika anda melakukan satu niche saja yaitu penyakit, maka pilihan iklan hanya berkisar pada korelasi antara postingan penyakit dengan iklan tentang pengobatan penyakit.

Dalam hal ini saya mempunyai pengalaman tersendiri, blog saya berniche asuhan perawat mempunyai BPK $ 0,01-0,05, hal ini dikarenakan selain banyak blog yang sudah bahas tentang asuhan keperawatan, blog ini hanya menampilkan teori dari sebuah penyakit, bukan pengobatan, pencegahan atau promosi kesehatan.

Terlepas dari niche yang tepat, para blogger banyak menghabiskan lebih dari 1/4 waktunya untuk menemukan niche and Keywords yang tepat. Hal ini memang benar karena Google menampilkan iklan sesuai konten di halaman blog anda dan tentunya terkait langsung dengan Niche dari blog tersebut. Jika memilih Niche yang tepat, maka BPK anda akan otomatis lebih tinggi daripada blog lainnya.

Iklan yang berhubungan langsung dengan penjualan barang seperti asesoris telepon dan komponen komputer secara otomatis memiliki CPC tinggi.

Tapi jangan terlalu bersemangat, BPK tinggi juga berarti persaingan untuk niche itu juga akan lebih tinggi dan anda akan membutuhkan waktu untuk menentukan peringkat kata kunci tersebut.

Misalnya, jika persaingan untuk baju Spider Man terlalu tinggi, anda bisa mencoba membuat blog tentang kaus kaki Spider Man dan Anda masih memiliki cukup banyak iklan BPK tinggi yang terkait dengan kaos kaki spider man.

Di atas disebutkan teknik memainkan peran paling penting pada blog yang besar BPK-nya  namun masih banyak tips dan strategi lainnya untuk meningkatkan BPK adsense anda. Jadi saya mencoba beberapa strategi seperti dibawah ini demi meningkatkan BPK suatu blog.

Gunakan iklan responsif untuk memastikan iklan anda cukup menarik di semua platform, terutama smartphone.

Gunakan iklan teks dan gambar bukan hanya iklan teks saja. Selain itu, ikuti perkembangan adsense di forum adsense dan hindari penggunaan semua spot iklan yang ada.

Hindari klik palsu atau klik berkualitas rendah yang tidak dikonversi oleh google menjadi dolar.

Tidak peduli berapa banyak dunia online berubah, beberapa hal tetap sama. Dan memilih kombinasi Kata Kunci dalam konten berkualitas. Jadi mulailah meluangkan lebih banyak waktu untuk memilih kata kunci terbaik untuk menghasilkan lebih banyak uang. Ceritakan pengalaman anda tentang meningkatkan BPK Adsense di bagian komentar dibawah ini.

Post a comment

0 Comments