Cara Mengatasi Blog Kategori YMYL Agar Tidak Dicekal Google

Awal bulan Agustus 2018 Google kembali meluncurkan sebuah algoritma mesin pencarian yang menyisir hampir semua situs berisi arikel medis atau artikel kesehatan. Dalam pembaruan ini web keperawatan milik saya juga terkena dampaknya, sehingga trafik pengunjungnya terjun bebas hingga 200 persen.

Google beranggapan bahwa setiap situs yang mempengaruhi kesehatan seseorang, keuangan, kiat-kiat hukum dan situs penjualan online adalah situs Your Money Your Life (YMYL).


Algoritma pencarian ini bermaksud agar setiap orang yang menulis tentang kesehatan, finansial, hukum dan lain sebagainya dapat menulis dengan baik, karena tulisan tersebut dapat mempengaruhi keuangan dan kehidupan seseorang.

Selain itu google berkeinganan bahwa, mereka yang menulis tentang kategori YMYL adalah mereka yang ahli dalam bidangnya agar tidak merugikan orang lain. Saya sependapat dengan program google ini, karena contohnya situs yang memuat tentang artikel kesehatan, banyak menyajikan informasi yang salah demi  melariskan dagangan obat herbal mereka.

Situs yang memuat tentang berita pun menjadi sasaran google agar berita yang ditulis bukan berita hoaks. Jika anda memiliki situs tesebut, menulislah dengan konten yang baik atau tunjukan pada google bahwa anda adalah ahli dari apa yang anda tulis.

Misalnya saya yang menulis tentang keperawatan dan kesehatan, karena saya adalah seorang perawat, sehingga hal ini akan kembali dipertimbangkan google untuk menaikan trafik pengunjung pada pencarian teratas.

Google memiliki standar peringkat yang berkualitas tinggi untuk situs YMYL karena info buruk dapat merugikan orang secara finansial, fisik, atau emosional.

Jika situs anda termasuk YMYL, maka langkah penulisan yang harus anda lakukan agar kualitas pencarian artikel anda di mesin pencarian tidak rendah, adalah sebagai berikut:

Menulis Sesuai Bidang Anda

Keahlian : Apakah anda sebagai penulis adalah ahli dalam atau kompeten dalam bidang anda?
Otoritas : Apakah penulis mempunyai lisensi yang diakui tentang hal yang dia tulis?
Kepercayaan  : Apakah kontennya akurat dan terpercaya?

Kalau Anda mencoba mengoptimalkan situs yang masuk dalam YMYL dan tidak memperhatikan ketiga aturan tersebut, tim penilai kualitas Google dapat memberi peringkat "kualitas rendah" pada laman Anda.

Ketika itu terjadi, situs Anda kemungkinan akan menghilang dari bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Meskipun trafik pengunjung saya rendah oleh kebijakan google ini,saya tetap optimis karena situs keperawatan saya sesuai dengan bidang saya, sehingga tulisan-tulisan saya tidak diragukan lagi keabsahannya.

Tunjukan bahwa anda seorang profesional

Banyak penulis blog diluar negeri yang memakai foto, nama hingga gelar untuk tunjukan pada google bahwa mereka adalah seorang profesional yang menulis tentang disiplin keilmuannya, sehingga artikel tersebut bukan artikel yang abal-abal dan menipu.

Poin-poin penting yang perlu dipertimbangkan jika situs anda kategori YMYL

Bangun situs berkualitas .
Sebagai perawat yang suka ngeblog, saya tidak ingin situs saya dirancang dengan buruk atau yang penuh dengan bug dan kealahan 404.Selain itu, saya pastikan situs saya terlihat bagus di platform seluler.

Tetapkan tujuan halaman

Hal yang terbaik adalah membicarakan satu tema setiap artikel, agar anda tidak membingungkan orang lain oleh karena terlalu banyak subjek yang dibahas.

Berikan konten yang terperinci dan menyeluruh.

Konten berformat panjang kemungkinan besar akan menjadikan artikel tersebut seperti ditulis oleh seorang yang ahli dalam bidangnya. Pelajari subjek Anda secara menyeluruh dan bagikan apa yang telah Anda pelajar. Begitulah cara Anda meyakinkan pembaca bahwa anda tahu tentang apa yang anda tulis.

Selain itu penulisan biodata di akhir artikel adalah sebuah cara praktis untuk membuat situs anda semakin terpercaya.


No comments

Dilarang Berkomentar dengan menggunakan unsur-unsur SARA atau mencemarkan nama baik seseorang dalam bentuk apapun.

Powered by Blogger.