Enam Kesalahan Blogger Pemula Yang Sering Dilakukan, Nomor Lima Paling parah

Jika anda telah menjadi seorang blogger, saya mengucapkan selamat atas keputusan anda. Karena menjadi blogger bukan hal yang mudah dari yang anda bayangkan. Seorang blogger harus memiliki komitmen dan motivasi untuk membagi 30 menit hingga 1 jam dallam menyediakan sebuah arikel.

Namun menulis artikel bukan hal yang merugi jika anda mengikuti beberapa aturan dan norma-norma penulisan sebuah blog yang sudah ditentukan. Blog yang baik adalah blog yang muncul dari diri penulisnya, bukan dari hasil karya orang lain. Berikut saya tampilkan 6 kesalahan seorang blogger yang merugikan blognya.



1. Memuat Musik Secara Otomatis

Hati-hati dalam memuat musik otomatis diblog anda. Selain membuat blog menjadi berat, pengunjung anda akan berpotensi meninggalkan blog tersebut karena kaget dengan bunyi musik yang secara tiba-tiba menggetarkan telinga mereka.

Apalagi jika musik yang di muat itu tidak sesuai dengan selera pengunjungnya dan dapat dipastikan pengunjung akan pergi tanpa melilihat isi artikel yag dicari.

2. Pengaturan Iklan yang menjengkelkan

Di Indonesia, saya melihat banyak situs berita yang meletakan iklan di artikel dengan tidak memikirkan kenyamanan pembaca khususnya melalui smartphone.

Iklan-iklan itu apabila salah pencet untuk ditutup, justru anda memencet untuk membuka. Alih-alih ingin membuat pengunjung dengan mudah mengklik iklan, malah sebaliknya pengunjung akan dibuat jengkel dan hanya beberapa detiik ada disitus tersebut.

Baca Juga: Beberapa Regulasi Google Adsense Yang Sering Diabaikan Para Blogger

Untuk itu jika anda menggunakan google adsense, ikutilah nasehat google agar anda meninggalkan pengalaman yang baik bagi pengunjung blog anda.

3. Menggunakan Latar belakang Gelap dan Teks yang Terang

Masalah ini lebih pada estetika blog itu sendiri, namun hal ini akan membuat pengunjung 'balik kanan' dari blog anda. Pengunjung dengan mata yang kering akan merasa silau dan tidak ingin melihat artikel anda lebih lama.

So, sudah dapat dipastikan, mereka akan pergi dan kembali berselancar di google pencarian untuk mencari artikel yang sesuai selera mereka.

4. Banyaknya Sidebar

Sidebar yang banyak akan membuat blog menjadi berat. Asesoris-asesoris tambahan pada berupa sidebar banyak disediakan oleh pemilik platform, namun tidak semua harus diletakan di blog anda.

Jika itu dalam bentuk artikel, buatlah artikel-artikel ini ada dalam sebuah navigasi agar pengunjung bisa langsung menuju artikel yang dimaksud melalu navigasi.

5. Memuat Artikel Plagiat

Dalam dunia bloging, banyak blogger yang menulis sebuah artikel hanya dari sebuah copy-paste dari artikel milik orang. Bukan hanya tulisan, gambar pun menjadi sasaran plagiat bagi kebanyakan blogger. Google tidak terlalu friendly dengan artikel hasil copy-paste yang dimuat.

Tulisan dan gambar berhak cipta juga disebut-sebut sebagai salah satu alasan google adsense menolak permintaan anda untuk memasang iklannya. Selain itu, menurut beberapa forum SEO yang saya ikuti, artikel plagiat juga akan berpengaruh pada trafik pengunjung blog anda.

Jadi, buatlah tulisan yang original dan terpercaya agar blog anda akan menjadi anak emas di mesin pencarian google.

6. Menggunakan "Kata Klik Di Sini" untuk kata kunci sebuah tautan

Hati-hati dalam meletakan link tautan, selain akan dianggap trik untuk membawa pengunjung ke link yang lain, dikhwatirkan link tersebut mengandung maleware untuk perangkat pengunjung. Sebaiknya link tersebut adalah link pada halaman blog anda sendiri, namun perlu diperhatikan keterkaitan dengan teks dan konteks yang anda bahas.

Kami dapat membantu Anda menemukan informasi tentang apa saja yang harus dilakukan oleh blog pemula agar blognya bisa menjadi lahan bisnis.
Untuk informasi tentang blog pemula untuk bisnis,  silahkan klik di sini .

Kalimat diatas lebih berpotensi memiliki unsur SEO dan lebih deskriptif bagi pengunjung dibandingkan dengan hanya tulisan 'klik disini'.

Sekian artikel tentang 6 kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula dan wajib untuk dihindari terutama nomor 5. Jika anda memiliki poin tentang ini, silahkan isi di kolom komentar.

No comments

Dilarang Berkomentar dengan menggunakan unsur-unsur SARA atau mencemarkan nama baik seseorang dalam bentuk apapun.

Powered by Blogger.