Tips Menulis Artikel Selama 30 Menit

Setiap para penulis blog mengingini menulis lebih cepat dan menghasilkan tulisan yang menarik. Bagi saya 30 menit adalah waktu yang cukup untuk menulis lebih dari 500 kata.

Bagi sebagian orang, ini adalah hal gila dan tentunya saya akan dihujat oleh pernyataan ini. Maklum, ada pepatah para blogger yang mengatakan bahwa konten adalah raja dalam sebuah situs atau blog.

Saya tidak punya waktu untuk menulis 2000 kata setiap hari, karena pekerjaan utama saya bukan seorang blogger yang fulltime. Toh, menulis dengan kata-kata yang banyak belum tentunya isinya bisa berkualitas.


Tulisan ini adalah perpaduan dari pengalaman saya dan tulisan dari Jim Estill, penulis buku Time Leadership. Perbedaannya Estill menawarkan menulis 20 menit akan tetapi saya menambahkan 10 menit lagi, jadi hanya 30 menit dalam penulisan sebuah artikel.

Berikut saya mempunyai tips untuk dibagikan kepada anda yaitu, bagaimana menulis tidak lebih dari 30 menit dengan hasil artikel yang banyak dikunjungi.

1.Tulis ide anda

Sediakan secarik kertas untuk menulis ide apa yang akan anda tulis. Persiapan ini tidak harus anda lakukan saat berhadapan dengan komputer, tetapi bisa dilakukan sebelum tidur, setelah istirahat makan maupun di waktu-waktu senggang yang anda miliki.

2.Biarkan ide berkembang

Jika sudah memiliki ide dan topik yang akan ditulis, biarkan ide tersebut berkembang dalam pikiran sembari anda menulis poin-poin tertentu saja sebagai skema penulisan yang akan dibuat.

Menyicil sedikit demi sedikit topik yang akan dikembangkan dapat dilakuakan setiap anda mempunyai waktu senggang akan memberi suntikan buah pikiran untuk pengembangan sebuah tulisan.

3.Edit sebelum memulai menulis

Segala sesuatu yang sudah ditulis, jangan lupa diedit. Sedikit penambahan atau mecoret tulisan yang tidak penting dapat dilakukan sebelum memulai.

Saat menulis, anda akan banyak mempunyai ide yang bisa saja tidak berhubungan dengan poin penting dari artikel yang akan dibuat. Perlu diingat bahwa kita berbicara tentang bagaimana sebuah artikel dibuat tidak lebih dari 30 menit bukan membuat sebuah trailer film.

4.Membuat Subjudul

Sub Judul merupakan judul kecil dari tema yang anda tulis agar pembaca terfokus pada langkah-langkah yang anda maksud.

Subjudul juga bermaksud untuk mengfokuskan setiap paragraf agar terlihat sederhana dan mudah dimengerti oleh pembaca tentang tujuan dari artikel tersebut.

Selain itu, manfat pembuatan subjudul untuk artikel juga bermaksud agar penulisan yang dibuat oleh penulis dengan mudah melakukan transisi dari pokok bahasan yang satu ke pokok bahasan yang lain.

Misalnya anda pergi ke suatu tempat, tapi dalam perjalanan anda harus ganti transportasi lain karena macet dan semua transportasi yang anda naik terjadi masalah, mulai dari pencopetan dalam bus, hingga mati mesin pada bus tersebut.

Anda harus membuat subjudul untuk cerita “mati mesin pada bus” dan “terjadi pencopetan”. Dengan demikian jika membuat sub judul, mudah bagi penulis untuk membuat transisi cerita dari “mati mesin pada bus” ke cerita “pencopetan”.

5.Jika ada halangan, jangan lanjutkan tulisan anda

Jika dalam perjalanan penulisan anda, tiba-tiba ada telpon genggam berdering untuk panggilan tugas yang tidak bisa ditolak, jangan paksakan. Karena menulis yang terburu-buru akan menimbulkan banyak kesalahan.

Simpan tulisan anda dan lanjutkan nanti dan tulis kembali setelah anda sudah mempunyai waktu untuk menulis.

Itulah 5 tips jitu untuk menulis lebih cepat sehingga tidak ada alasan untuk sibuk yang akan  membuat blog anda terjadi penurunan trafik oleh karena kurangnya update artikel baru.

No comments

Dilarang Berkomentar dengan menggunakan unsur-unsur SARA atau mencemarkan nama baik seseorang dalam bentuk apapun.

Powered by Blogger.