Arti Istilah Pada Google Adsense Dan Keuntungannya

Blogger merupakan hobby saya dalam hal menuangkan setiap aspirasi saya yang tentunya menginspirasi para pembaca. Saya menulis menulis arikel sejak tahun 2011, kemudian Google Adsense saya disetujui pada tahun 2017.

Enam tahun menjadi blogger tanpa penghasilan tentunya sedikit berpengaruh pada motivasi menulis yang saya buat ketika itu. Namun keuletan dan terus membuat perubahan pada situs pribadi membuat Google Adsense menerima pinangan saya sebagai mitra dalam menjalankan bisnis di internet.


Namun setelah diterima, saya mempunyai masalah yaitu semangat menulis timbul-tenggelam oleh karena penghasilan Adsense saya yang sangat kecil. Bayangkan, 1 tahun hanya pencapai $100 US.

Harus diakui bahwa semangat menulis artikel juga dipengaruhi oleh motivasi. Jika motivasi ngeblog untuk mencari uang, maka sebaiknya anda berpikir dua kali lipat untuk jadi blogger.

Singkat cerita saya mulai berbenah, menulis dengan motivasi terus meningkatkan jumlah artikel yang unik merupakan tekad bulat saya. Sehingga saat ini, sebagai blog pemula, saya mau ajak anda semua untuk memahami setiap istilah dalam google adsense agar menjadi acuan dalam hal melihat perkembangan blog anda.

Tampilan Laman(Page Views)

Tampilan Laman merupakan akumulasi alias jumlah tampilan keseluruhan laman yang dilihat oleh pengunjung pada blog yang terpasang iklan Adsense. Tetapi yang harus perlu diperhatikan adalah keseluruhan dari jumlah tampilan laman tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang anda pasang pada halaman blog anda.

Sebagai contoh, saya ilustrasikan iklan yang anda pasang pada halaman yang tampil sebanyak 2 unit iklan, kemudian halaman tersebut dilihat sebanyak 20 kali, maka jangan tampilan Lamannya tetap yakni 20 bukan 40.

Tayangan (Impressions)

Tayangan merupakan pengguna internet yang melihat halaman tertentu dan unit iklan yang terkandung dalam halaman tersebut. Perhitungan tayangan berbeda dengan tampilan laman. Tayangan dihitung sesuai jumlah unit iklan pada blog, bisa berupa jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran) yang menampilkan iklan.

Nah, saya berikan contoh lagi ya. Jika dalam sebuah laman terdapat 3 iklan yang anda tampilkan dan laman tersebut dilihat 100 kali, maka Tayangan iklan anda adalah 300, yang didapat dari 3 unit iklan dikalikan 100.

RKT Laman (Page CTR)

Pengertian RKT Laman tidak saya bahas panjang lebar, tetapi mari kita Merujuk pada laman support Google Adsense yaitu Rasio klik-tayang (RKT) laman adalah jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan laman. sebagai contoh, perkaliannya adalah: RKT Laman= Klik/Tampilan halaman. Jadi, jika Anda menerima 2 klik untuk 250 tampilan laman, RKT laman Anda adalah 0,8%. (2 / 250 = 0,8%).

RKT ini merupakan parameter yang sangat penting untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah iklan, karena apabila nilainya tinggi maka kemungkinan besar peminat iklan tersebut juga besar.

BPK (CPC)

BPK atau Biaya per Klik atau dalam bahasa inggrisnya Coast Per Click adalah suatu penawaran kepada penayang iklan dalam hal ini blogger, yang dihitumg per klik. Jadi misalnya, penawaran yang dilakukan kepada anda adalah USD 0.03, sedangkan anda memiliki klik 4, berarti anda menerima bayaran sebesar 0.03x4= O.12 Dolar Amerika.

RPM Laman (Page RPM)


Pada dasarnya perhitungan RPM laman merupakan jumlah seberapa banyak uang yang anda hasilkan per 1000 tampilan halaman. Ini dihitung berdasarkan kombinasi lalu lintas, RKT Laman (rasio klik-tayang) dan BPK Anda (biaya per klik). Jika penghasilan tertaksir anda seperti gambar di atas, maka perhitungannya sebagai berikut:
$0,12 dari 347 tampilan laman, maka BPSe laman anda sama dengan ($0,12/347)x1.000, atau $0.34.

Jadi rumus adalah Halaman RPM = (Penghasilan Tertaksir / Jumlah tampilan halaman)x1000

Perhitungan sederhana diatas menyimpulkan bahwa, selain anda dibayar oleh Adsense Per Klik (BPK), anda juga dibayar berdasarkan RPM per 1000 pengunjung. Misalnya, jika anda menghasilkan rata-rata $ 10 RPM dari salah satu situs web anda, artinya $ 10 untuk setiap 1.000 pengunjung di situs anda. So, tingkatkan pengunjung anda dengan mengupdate blog anda setidaknya 3 hari satu artikel.

Post a comment

0 Comments