Tips Membedakan Antara Jam Tangan Rolex Palsu dan Jam Tangan Rolex Asli

Menjadi orang merdeka adalah hak setiap orang namun menjadi orang yang berpenampilan mewah atau sederhana adalah pilihan masing-masing orang.

Kemewahan-lah yang membuat orang melakukan apa saja termasuk menggandakan hasil karya orang lain untuk tujuan mencari kekayaan.

Penggunaan barang aspal atau kelihatan asli tapi palsu sudah menjadi budaya bagi orang-orang yang ingin kelihatan sempurna dalam dandanan.

Biasanya dalam dunia fashion barang yang paling banyak dipalsukan adalah tas dan jam tangan, termasuk jam tangan Rolex.

Rolex adalah organisasi yang didirikan pada akhir 1905 oleh Alfred Davis dan Hans Wilsdorf di London.

Awalnya perusahaan perusahan bernama Wilsdorf and Davis. 

Sekarang, perusahan Rolex mengalami banyak masalah pemasarannya akibat banyak jam tangan Rolex yang palsu namun terlihat mirip dengan asli.

Menurut penelitian, 70% masyarat  Inggris tidak dapat membedakan antara Rolex asli dan palsu.

Berikut cara membedakan jam tangan Rolex asli dan palsu.


Bunyi jarum detik pada jam tangan Rolex

Dengarkan bunyi “tik, tik, tik” yang halus dan bukan suara detak yang jauh lebih cepat dan kasar. 
Pada arloji biasa, gerakan jarum detiknya seperti tersentak-sentak dan terpotong, karena kebanyakan jam ini adalah jam tangan kuarsa atau Quartz.


Jarum detik berpindah dengan dengan kasar dari satu posisi ke posisi berikutnya.
Bila Anda mendengarkan dengan saksama, biasanya Anda dapat mendengar bunyi pelan “tik, tik, tik” pada gerakannya.

Di sisi lain, jam tangan Rolex dan banyak arloji mahal lainnya memiliki jarum detik yang bergerak nyaris halus sempurna, karena gerakannya otomatis dan bukan gerakan jam Quartz.

Tampilan panel tanggal pada jam tangan Rolex

Perhatikan kaca pembesar pada area tanggal biasanya ada pada pukul 3 jarum jam. Untuk dibuat agar tanggal mudah dibaca Rolex menambahkan sebuah lensa pembesar berukuran kecil yang disebut cyclops di atas panel tanggal.


Bagian ini sulit ditiru, jadi banyak Rolex palsu hanya menampilkan kaca palsu yang terlihat seperti kaca pembesar, tapi begitu dilihat dengan seksama  ternyata hanya kaca biasa.

Kaca pembesar pada panel Rolex asli akan terlihat lebih besar bagian tanggalnya hingga 2,5 kali lebih besar dari tulisan tanggal tanpa kaca pemwbesar.

Sebagian jam palsu yang bagus akan memperbesar tanggal entah bagaimana caranya, namun sering kali tidak sampai berukuran seluruh panel.

Setelan Tanggal jam tangan Rolex berbeda dengan jam tangan lainnya

Kendurkan batang putaran arloji dan putar kembali jarumnya untuk mengubah tanggal. Tanggal akan berubah ke tanggal sebelumnya ketika berada di posisi 6, bukan 12. Hal ini hampir mustahil untuk ditiru.

Berat jam tangan Rolex

Jika jam Rolex yang anda beli, saat pergantian tanggal jarumnya ada pada angka 12, maka hal ini dipastikan palsu. Uji berat dari jam Rolex sangat penting untuk mengetahui, apakah jam tersebut asli atau palsu.

Jika terasa ringan, kemungkinan jam tersebut palsu. Jam tangan Rolex yang asli dibuat dari logam dan kristal asli yang agak berat.



Setiap jam tangan Rolex yang diproduksi memiliki nomor seri yang otentik 

Meskipun para pelaku pemalsu jam tangan Rolex dapat menyalin nomor seri, tetapi mereka tidak dapat memalsukan cara Rolex menulis nomor seri.

Pada body terdapat logam berkualitas tinggi dan halus, di situ nomor seri Rolex diukir dengan sempurna dan tepat. 

Sebagian besar jam tangan Rolex berlogo mahkota dan terletak tepat pada pukul 12.

Jika kita amati logo ini dengan kaca pembesar, akan terlihat logonya terbuat dari susunan logam berkualitas tinggi, bukan rata atau ukiran.

Garis yang membentuk mahkota (logo) harus berkelip dengan kilau metalik yang berbeda dibanding bagian dalam logo.

Demikian perbedaan antara jam tangan Rolex yang palsu dan asli semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments