Tips Membuat Blog Bagi Pemula Agar Bersaing Di Tahun 2020

Cara memulai blog bagi pemula


Blog merupakan jendela yang membuat seseorang akan melihat dunia dengan cara membaca. Dengan blog pula kita bisa menumbuhkan pelanggan dan membangun jaringan untuk menghasilkan uang.

Sejak memulai blog pada tahun 2011, saya sudah banyak membantu beberapa bloger pemula untuk ketrampilan dalam menulis blog, meskipun hingga saat ini saya belum maksimal dalam hal memanfaatkan adsense sebagai ladang income pasif.


Namun berbicara mengenai blog bukan hanya tentang uang, melainkan lebih dari itu, yakni menyalurkan aspirasi dan mempertajam bakat menulis.

Tetapi kali ini saya akan mengajak anda untuk kita sama-sama menggunakan blog sebagai pundi-pundi uang membangaun fondasi income pasif.

Belum terlambat jika memulai blog dari sekarang

Saya banyak membaca di forum-forum internet, dimana para blogger menuangkan pertanyaan yang sama setiap hari.

Bagaimana caranya blogger mendapatkan uang


Apakah masih ada peluang blogger mendapatkan uang?

Ini adalah pertanyaan klasik yang tak akan habis jika kita tidak bertindak sekarang.

Di era milenial sekarang ini banyak konten media sosial yang eksis seperti Tik Tok, youtube, facebook dan platform mikroblogging seperti twitter, instagram dan setelah itu akan muncul pertanyaan pesimis, apakah menulis blog masih mendapatkan tempat dalam dunia blogging?

Faktanya, sebuah blog manca negara merilis secara statistik tentang sepak terjang blog di Amerika Serikat.

  1. Puluhan ribu blog baru dibuat setiap hari
  2. Menurut penelitian, statika menunjukan bahwa tahun 2020 jumlah blog di Amerika Serikat akan mencapai 31,7 juta
  3. Wordpress saja mencapai 70 juta postingan baru setiap bulan.
  4. Para ahli mengatakan bahwa lebih dari 75% pengguna internet membaca artikel melalui blog.
  5. Pasaran konten melalui blog mencapai 4200 miliar Rupiah.

Sebuah peluang yang baik bukan? Kalau menurut anda benar ini merupakan peluang, jangan diam dan mulailah sekarang untuk sukses di dunia blogging tahun 2020.

Impian anda sebagai blogger sukses di tahun 2020 akan terwujud jika anda mengikuti setiap kebijakan yang ditawarkan google dan berusahalah menjadi blog yang SEO.

Apa saja syarat anda bisa sukses ngeblog? Ikuti paparan saya:

Memilih topik yang baik dalam membuat blog

Pertanyaan yang sering muncul dalam benak blogger pemula adalah:
  • Menulis tentang topik apa yang harus saya buat?
  •  Bagaimana cara saya menemukan sebuah ide?
Dua pertanyaan dasar sering muncul dalam benak blogger pemula maupun forum-forum diskusi yang membanjiri dunia blogger. Bayangkan bagaimana bentuk kesulitan para blogger dalam membangun smart blog sehingga pertanyaan itu muncul setiap saat.

Menurut pengalaman saya, kegagalan sebuah blog adalah tidak memiliki topik yang tepat. Topik yang tepat tidak selamanya merupakan topik yang unik. Melainkan topik yang tepat adalah topik yang memiliki banyak saingan. Loh kok bisa?

Saya mulai membuat blog tahun 2011, kemudian saya buat blog lagi karena saya menutup blog yang pertama. Blog ke dua saya tutup lagi dan sekarang sudah jadi blog yang ketiga.

Kegagalan demi kegagalam saya lewati dan saya tahu blog saya yang terakhir ini sedang sekarat karena memiliki niche gado-gado.

Meskipun demikian, bagi saya, konten adalah raja. Topik sebuah blog yang menentukan blog itu sukses adalah konten.

Jika anda pernah mengalami seperti saya, percayalah bahwa itu hanya tentang ketidaktahuan anda mengenai topik yang benar.

Tapi perlu diketahui, blog pribadi seperti punya saya dan blog yang dibuat dengan tujuan komersial sangat berbeda.

Blog saya memang memiliki niche gado-gado dan tidak cocok untuk blog komersial karena tujuannya hanya sebagai hobi bukan komersial.

Jangan salah, blog saya juga punya trafic yang baik, padahal blog saya niche gado-gado. Artinya apa bro dan sist? Konten!!! Konten adalah raja.

Cara memilih Topik yang Baik

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah melakukan list nama topik yang menurut anda baik. Perlu diingat, tak selamanya yang baik menurut anda, baik pula menurut SEO, atau sebaliknya yang tidak baik menurut anda ternyata baik menurut google search.

Lantas, langkah apa yang harus dilakukan dalam memilih topik blog?

Lihat saingan topik anda

Banyak nyali para blogger menjadi ciut jika menemukan  saingan dari tupik blog mereka memiliki  saingan dengan halaman facebook lebih dari 20ribu followers dan likers. Mereka berpikir menghindar adalah jalan terbaik agar blog bisa sukses. Saya mau katakan: pemikiran semacam itu salah.
  1. Apakah saingan topik blog anda memiliki twitter dan instagram lebih dari 50ribu followers
  2. Misalnya anda mencari kata topik jam tangan, apakah ada iklan jam tangan pada adsense
  3. Apakah kata kunci yang anda gunakan ada 100ribu kali dicari di google search?
Dari pertanyaan diatas kita bisa mendapat suatu pembelajaran bahwa kebanyakan blogger mengingini topik blognya yang sedikit saingan. Ternyata pemahaman semacam ini salah. Justru banyak sainganlah yang membuat blog anda menjadi sukses.

Kalau tidak ada saingan, siapa yang mau tautkan link anda?

Kalau tidak ada pencarian 100ribu kali, siapa mau cari topik blog anda?

Terkadang para blogger mencoba membuat blog yang terlalu unik, saking uniknya, google tidak mengenal.

Justru semakin banyak kompetisi maka semakin besar peluang anda untuk sukses. Bukankah dalam membuat blog yang sukses, kita harus berkompetisi? Kalau iya, mengapa kita harus menghindar dari persaingan?

Kegagalan para blogger dalam mencari topik penyebabnya hanya satu, yaitu terlalu banyak bertanya pada diri sendiri tentang topik apa yang akan ditulis.

Seharusnya, dalam mewujudkan sebuah ide, seorang blogger harus memulai dengan pertanyaan, topik apa yang disukai oleh para pembaca.

Jika anda memulai menulis dengan mecari tahu topik yang disukai oleh para pembaca, maka secara otomatis anda akan mendapatkan topik yang banyak saingannya.

Jangan menggunakan kerangka konten yang belum terbukti ketenarannya. Kalau anda masih ngotot mencari konten yang unik dan kurang saingan menurut anda, yang saya takuti adalah, apa yang anda tulis bukan merupakan apa yang ingin dibaca oleh masyarakat.

Mencari lalulintas yang baik


Saat menjadi blogger pemula, fokus pada kata kunci, meninggalkan komentar, menjawab pertanyaan di Quora dan sebagainya, itu hal jadul dan anda sangat ketinggalan jika mengikutinya.

sumber : Businessnis Insider
Gambar diatas menunjukan bahwa dua raksasa yaitu facebook dan google masih merupakan sumber lalulintas yang berperan dalam menghasilkan pembaca.

Apapun alasannya 80% rujukan trafik terbesar hanya berasal dari google dan facebook. Pada facebook anda bisa membuat halaman facebook tetang topik anda.

Halaman facebook memonopoli topik gaya hidup dan kesehatan karena google membatasi hal penulisan artikel tersebut. Penyebabnya  adalah google lebih mengingini blog kesehatan ditulis oleh pakar kesehatan bukan oleh para penjual obat.

Jadi kesimpulannya, optimasi mesin pencari alias SEO dan viral di facebook adalah cara terbaik dalam menghadapi persaingan di tahun 2020.

Nah, kira-kira begitulah cara bagi blogger pemula agar blognya bisa sukses. Jangan lupa tautkan email anda di bilah kanan blog ini untuk mengikuti setiap artikel yang admin posting.


Post a Comment

0 Comments