4 Tips Ampuh Menjaga Kulit Tetap Mulus Tanpa Biaya Perawatan Mahal

Perawatan kulit terkadang membutuhkan banyak biaya, kecuali anda telah mengetahui tips untuk menjaga kulit tetap sehat dan kelihatan muda. Berikut 4 tips menjaga kulit tetap awet muda.

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari.


Sinar matahari ibarat lampu raksasa bagi bumi dan sinar ini pula kita bisa nikmati siang hari. Selain itu, sinar matahari disebut-sebut antiseptik alami yang sangat manjur bagi kesehatan. Kuman TBC tidak bisa hidup dibawah matahari, termasuk kuman-kuman lainnya.

sumber gambar
Meskipun demikian, sinar matahari menjadi momok bagi orang yang sering mempertahankan kulit putih, mulus dan cantik. Sinar matahari yang sejatinya mengandung ultraviolet dapat membuat kulit terkena kanker. Selain meningkatkan resiko kanker kulit, sinar ultraviolet juga bisa membuat seseorang tampak lebih tua dan kusam.

Berikut tips agar terhindar dari ultraviolet


Gunakan peindung saat mengendarai sepeda motor


Kebanyakan mereka yang terkena sinar matahari berjam-jam bukan karena ingin berjemur, tapi saat bepergian. Untuk itu, pastikan bahwa anda memakai pelindung kepala dan baju berlengan panjang saat mengendarai sepeda motor.

Gunakan Tabir Surya


Tabir surya berspektum luas sangat manjur untuk melindungi kulit mulus anda dari sinar matahari. Pastikan bahwa tabir surya yang anda miliki adalah  tabir surya yang mengandung Sun Protection Factor (SPF) diatas 15.

Para dokter kecantikan sering menyarankan untuk menggunakan tabir surya diatas SPF 15. Pada prinsipnya, tidak semua SPF melindungi kulit dari ultraviolet. Misalnya SPF 15 sebesar 93,3%, SPF 20 sekitar 95%, dan SPF 30 memblokir sekitar 96,7% dari sinar ultraviolet.

Jangan berada diantara jam 10 pagi hingga jam 2 siang.


Jangan pernah berlama-lama dibawah matahari pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Empat jam pada jam-jam seperti diatas merupakan puncak sinar matahari menyinari dengan ultravioletnya yang paling kuat.

Hindari asap rokok


Perokok dibagi atas dua bagian, yaitu perokok pasif dan perokok aktif. Orang yang hanya mendapatkan asap rokok tanpa menikmati rokok, disebut perokok pasif.

Menurut para ahli, perokok pasif sama berbahayanya dengan perokok aktif. Ada pula yang mengatakan perokok pasif-lah yang paling berbahaya. Terlepas dari perdebatan diatas, yang menjadi momok untuk kesehatan kulit dan penuaan dini adalah asap rokok itu sendiri.

Asap rokok dapat menyempitkan pembuluh darah pada kulit khususnya pada lapisan luar. Penyempitan tersebut, membuat jaringan kulit sulit mendapat oksigen dan nutrisi yang dibawah oleh darah.

Terpapar asap rokok setiap hari membuat wajah tampak kasar dan kusut.

Cara terbaik untuk melindungi kulit dari efek asap rokok adalah dengan berhenti merokok atau tidak memulai sama sekali. Selain itu, hindari perokok aktif agar tidak menjadi racun bagi kulit anda.

Konsultasi dengan dokter tentang rencana perawatan yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Lakukan bercukur dengan baik


Terkait dengan bercukur di area wajah hanya bisa dihubungkan dengan pria, karena mereka-lah yang mempunyai kumis atau bulu di wajah.

Bagi beberapa pria, bercukur adalah hal penting yang berhubungan dengan estetika dan kebersihan tubuh. Namun perlu diperhatikan cara bercukur yang benar agar tidak melukai wajah anda.

Dibawah ini adalah cara bercukur yang benar agar tidak membuat wajah anda rusak dan kelihatan tua:

Menggunakan air hangat atau dingin, bukan panas

Menggunakan krim atau lotion cukur, dari pada menggunakan sabun atau mencoba "bercukur kering"

Sering mengganti pisau cukur sehingga selalu menggunakan pisau cukur yang bersih dan tajam.

Mencukur jangan berlawanan dengan arah rambut tumbuh

Gunakan krim anti keriput.


Cara yang biasa digunakan oleh mereka yang suka merawat wajah adalah menggunakan krim anti penuaan atau krim anti keriput. Namun dengan banyaknya krim palsu, anda harus berhati-hati memilih krim.

Meskipun demikian, produk-produk krim tidak langsung memperbaiki kulit yang berkerut menjadi lebih kencang.

Kulit akan menjadi kencang dan lebih elastis jika menggunakan krim yang tepat, namun jika anda memiliki kulit yang sensitif, harus berhati-hati menggunakan krim anti kerut.

Beberapa bahan yang pada umumya terdapat dalam krim anti kerut meliputi:

Retinol

Retinol adalah senyawa vitamin A yang membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah sel-sel kulit tidak rusak sebelum waktunya.

Vitamin C,

Vitami C berperan membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh ultraviolet dari sinar matahari.

Asam hidroksi

Asam hidroksi mengandung asam alfa, beta, dan poli-hidroksi yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat sel kulit baru menjadi lebih lembut.

Coenzyme Q10

Merupakan sebuah zat yang dapat membantu mengurangi keriput, terutama di sekitar mata, dan dapat mengurangi atau mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Ekstrak teh

Teh mengandung antioksidan memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi atau rusak

Ekstrak biji anggur

Dalam hal perawatan kulit, ekstrak biji anggur juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, dan dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Niacinamide
Niacinamida merupakam vitamin B3 dan dapat membantu mencegah kulit mengering, yang meningkatkan elastisitas dan penampilan kulit lebih mulus.

Demikian cara menjaga kulit tetap mulus dan menawan tanpa biaya perawatan mahal.

Sumber

Post a Comment

0 Comments