7 Alasan Mengapa Anda Harus Meninggalkan Facebook

Perkembangan komunikasi selama 1 abad terakhir telah terjadi peningkatan signifikan. Mulai dari sandi morse, telegram, radio, telepon, hingga smartphone telah merambah dan turut menjadi bagian dari sendi kehidupan masyarakat modern.

Pada zaman sandi morse dan telegram, sistem komunikasi ini tidak menyentuh dunia sosial dari manusia, melainkan hanya sebagai sarana komunikasi semata.

Seiring dengan perkembangan zaman, muncullah internet yang sangat mempengaruhi tatanan sosial masyarakat.

Penemuan terbesar pada abad 21 adalah, berdirinya facebook pada tahun 2004. Pada saat itu facebook sangat digemari oleh anak-wnak muda Amerika

Sekarang masyarakat dunia yang menggunakan facebook sudah mencapai 1.23 milyar pengguna aktif. Meskipun tujuan awal dari berdirinya facebook hanya untuk menghubungkan orang manjadi satu komunitas, menemukan kerabat lama dan menyatukan perbedaan, namun facebook era sekarang telah banyak efek buruknya dibandingkan efek positif.

Mulai dari waktu yang terbuang cuma-cuma hingga hal privasi yang tidak rahasia lagi menjadi bagian dari efek buruk facebook.


Berikut alasan anda harus meninggalkan facebook karena ada efek buruk dari yang namanya manfaat facebook.

1. Facebook membuang waktu


Tanpa disadari ketika menggulirkan feed pada akun facebook, anda akan mulai tertarik dengan postingan foto orang, status orang dan video-video tidak penting lainnya.

Alih-alih menyatukan suatu komunitas, facebook sudah menjadi ajang kepo, karena justru yang diposting orang adalah hal-hal yang tidak berhubungan dengan tujuan awal facebook.

Kebanyakan pengguna facebook tidak sadar bahwa facebook memberi yang "baik" tapi memcuri yang "terbaik".

Facebook telah mencuri waktu anda yang seharusnya anda gunakan untuk ibadah, belajar, mengurus diri, atau berkunjung ke orang tua yang sudah merindukanmu.

2. Facebook membuat sebagian orang menjadi penipu


Naluri manusia untuk menunjukkan pada dunia luar tentang kebaikan dirinya adalah hal yang wajar.

Namun, sebagian besar pengguna facebbok menunjukan dalam postingannya bukan hal sebenarnya tentang dirinya. Jika demikian, hal itu sama halnya dengan menipu diri sendiri.

Melalui facebook, banyak orang tidak menjadi dirinya sendiri, melainkan lebih dominan ingin menjadi orang lain.

3. Facebook membuat anda berhubungan dengan orang yang tidak berguna


Coba perhatikan teman pada akun facebook anda, seberapa banyak teman dekat anda, atau minimal yang anda kenal. Banyak yang tidak anda kenali? Jika ya, berhentilah bermain facebook.

Jika pengguna facebook mengambil sisi positif terkait orang yang tidak dikenali, lebih baik menjadi blogger, toh orang-orang yang tidak kamu kenali akan membacanya. Lebih bermanfaat bukan?

4. Facebook membuat anda berhubungan dengan berita-berita tidak berguna


Kebohongan yang dikatakan terus-menerus akan menjadi kebenaran. Itulah representasi dari para penyebar hoax.

Melalui hoax yang disebarkan melalui facebook, negara seperti Suriah dilanda peperangan hingga sekarang.

Melalui facebook pula, propaganda white helmet menjadi kebenaran, sehingga dunia dilanda saling membenci dan peperangan.

5. Facebook merusak komunikasi anda di dunia nyata


Coba renungkan, sudah berapa banyak temanmu yang hanya kamu temui lewat messenger atau melalui komentar statusnya.

Seandainya tidak ada facebook, pasti anda akan bersosialisasi dengan teman-teman di mal, cafe, maupun di tempat-tempat rekreasi, bukan melalui dunia maya.

6. Facebook memanipulasi sehingga anda ketagihan untuk update status


Tanpa penggunanya sadar, facebook telah merusak kreatifitas setiap pemilik akun. Meskipun mempunyai tujuan berbagi untuk semua orang, namun kenyataannya facebook membuat anda ketagihan untuk mengejar like dari orang lain.

Anda tidak bisa berkreatifitas lebih seperti orang-orang yang berkreasi di dunia nyata. Kreatifitas palsu yang anda tunjukan, hanya untuk mendapatkan like di dunia maya.

7. Facebook membuat anda mencurahkan sebagian hidup untuknya


Buat para pengguna facebook yang memakai internet berbayar melalui provider seluler, coba analisa, seberapa besar kuota internet yang anda gunakan khusus untuk facebook.

Pengeluaran yang tidak berguna melalui facebook telah masuk dalam daftar pengeluaran bulanan anda.

Strategi pemasaran facebook sangat jelas. Mereka mengingini para pemakainya untuk berlama-lama di depan komputer atau seluler, meskipun dalam jam-jam kerja.

Banyak karyawan yang dipecat karena lebih banyak membuka akun facebook di saat jam kerja. Kerja pun terhambat dan produktivitas menurun akibat bekerja sambil melihat updatetan postingan orang lain.

Demikian 7 alasan mengapa anda harus meninggalkan facebook, atau anda akan ditinggalkan rezeki.

Ingat, bahwa perkembangan zaman dewasa ini memang ada faedahnya juga, jika digunakan dalam batasan wajar. Tapi perlu dipahami bahwa media sosial akan memberi yang baik tapi mencuri yang terbaik, yaitu waktu anda; waktu anda untuk beribadah dan waktu dengan orang-orang yang anda cintai.

Post a Comment

0 Comments