Cara Membersihkan Ponsel Untuk Mencegah COVID-19

Selama pandemi COVID-19 yang terus memakan korban, pemerintah melalui institusi kesehatan terus berupaya menekan penyebaran virus yang dikenal dengan SARS-COV-2 ini.

Mulai dari anjuran cuci tangan, pembatasan sosial hingga Lockdown wilayah-wilayah zona merah.

Namun tidak sedikit orang yang mengabaikan atau bahkan tidak peduli tantang kebersihan ponsel pintar milik mereka. Coba perhatikan berapa sering anda cuci tangan dan seberapa sering handphone milik anda didisfektan.


Padahal layar sentuh dari ponsel pintar anda bisa di bersihkan dengan alcohol swab atau antiseptik lainnya.

Menurut Dr. David Westenberg , profesor ilmu biologi di Universitas Sains dan Teknologi Missouri, mengatakan bahwa banyak mikroba yang melekat pada smartphone, tetapi tidak disadari pemiliknya.

Meskipun banyak mikroba yang berpotensi menempel pada ponsel, namun tidak semuanya berbahaya. Tetapi karena sekarang ini dunia sedang dalam musibah pandemi COVID-19, maka sangat mungkin hanphone menjadi salah satu tempat virus SARS-COV-2 untuk menempel.

Namun pertanyaannya, setiap kita mencuci tangan apakah dibarengi dengan mengdisenfektan posel kita? Jika tidak mulailah lakukan sedari sekarang.

Jiika orang mencuci tangan sebelum menyentuh perangkat ponselnya, biasanya sudah cukup untuk mencegah kita
mentransfer virus melalui sentuhan.

Meskipun demikian, tangan saja yang steril sedangkan ponsel tidak dibersihkan belum memberikan jaminan bahwa anda terbebas dari mikroba yang ada di ponsel.

Bahkan, menurut survei 2019 oleh perusahaan riset dscout, rata-rata orang menyentuh ponsel mereka 2.617 kali sehari.

Mengingat fakta ini, menyeka ponsel dengan alkohol 70% adalah tindakan yang harus dilakukan oleh setiap orang dan itu sudah menjadi rutinitas.

Cara membersihkan ponsel

Menjadi suatu keharusan untuk melihat situs resmi merek ponsel anda. Kemungkinan ada cara yang dianjurkan pabrik untuk mencegah kerusakan pada perangkat maupun kasing.

Banyak produsen, termasuk Apple, telah memberikan rekomendasi karena pandemi COVID-19.

Sementara instruksi spesifik dapat bervariasi tergantung pada perangkat Anda, Apple menyarankan hal-hal berikut untuk produk-produknya:


  • Gunakan hanya kain yang lembut dan tidak berbulu.
  • Hindari menyeka dengan keras dan berlebihan
  • Cabut semua sumber daya, perangkat, dan kabel.
  • Hindari cairan atau uap air masuk dalam perangkat.
  • Hindari semprotan aerosol, pemutih, dan abrasive atau pembersih lainnya.


Apple merekomendasikan penggunaan 70% dengan tisu atau alcohol swab atau tisue dengan alkohol

Menurut situs healthline, disarankan untuk menyimpan ponsel dalam wadah tertutup akan lebih mudah membersihkan, asalkan ponsel tersebut sudah dibersihkan sebelumnya menggunakan alcohol swab.

Menurut Schaffner, cara yang paling mungkin dan beresiko tinggi adalah perangkat atau ponsel akan terkontaminasi dengan virus apabila seseorang bersin atau batuk di dekatnya.

Tetesan mikroskopis yang mengandung virus kemudian bisa menetap di telepon, jelasnya.

Jadi, jika Anda berada di dekat siapa pun yang batuk atau bersin, ada baiknya segera membersihkan ponsel untuk pencegahan COVID-19.

Post a comment

0 Comments