6 Cara Mengatasi Makanan Yang Kelebihan Garam

Garam merupakan teman para juru masak di dapur, sehingga masakan tanpa garam disebut-sebut ibarat hidup tanpa cinta. Namun apa jadinya bila makanan kesanyanganmu yang dimasak oleh kekasihmu kelebihan garam. Apakah garam masih jadi temanmu bila makanan kelebihan asin?

Makanan semahal apapun bahannya bila kelebihan garam maka makanan tersebut hilang status lezatnya. Tips mencegah kelebihan garam hanya satu, yaitu bubuhkan sedikit demi sedikit hingga masakan itu hampir siap di angkat dari kompor.

Namun bagaimana jika kelebihan garam dalam masakan menu kesukaanmu? Berikut tips menetralkan rasa asin pada makanan akibat kelebihan garam.

1. Tambahkan air

Menambah air pada masakan yang ada airnya seperti rebusan, cukup menetralkan garam dalam masakan tersebut. Alih-alih mengurangi rasa asin, anda akan kehilangan rasa bumbu lain. Untuk itu, tips menambah air juga harus dibarengi dengan menggandakan resepnya untuk mempertahankan rasa.

2. Tambahkan sayur

Jika masakanmu itu adalah sayuran seperti capcay, tambahan sayur dapat menetrallisir rasa asin akibat kelebihan garam. Tumisan sayur seperti kangkung atau masakan sayur bayam sangat efektif untuk mengurangi rasa asin jika ditambahkan sayur yang di masak tadi.

3. Tambahkan Beras

Apabila masakan anda ada hubungannya dengan beras seperti bubur ayam, tambahan beras sebagai bahan dasar bubur merupakan tips jitu, karena menambah volume bubur, air juga akan bertambah sehingga mampu meminimalisir rasa asin.

Diketahui bahwa beras adalah salah satu media seperti spons yang mampu menyerap air dan garam.

4. Tambahkan kentang

Sangat cocok ditambahkan kentang jika masakan kelebihan garam ini adalah sup, atau kari. Kupas dan tambahkan kentang pada masakan yang asin kemudian kentangnya bisa diangkat lagi jika kamu merasa kentangnya terlalu banyak.

Sifat kentang dengan daya serap yang tinggi dapat menjadi pilihan anda untuk mengurangi asin dari masakan kesukaan anda.

5. Tambahkan sedikit asin

Asam dari seperti jeruk maupun buah asam dapat mengurangi rasa asin. Meski hal ini tidak terlalu besar manfaatnya, namun sangat berguna jika masakanmu membutuhkan asam seperti sayur asam, maupun masakan asam-manis lainnya.

6. Tambahkan gula atau madu

Masakan yang kelebihan asin dapat dinetralisir dengan sesuatu yang manis. Masakan seperti ikan saus tidak ada salahnya jika ditambahkan madu atau gula. Namun, janganlah berlebihan jika tidak mengingini masakanmu terasa seperti oralit.

Demikian tips mengurangi asin dari masakan anda yang sudah terlanjur kelebiham garam. Sejatinya solusi dari sebuah masalah adalah pencegahan agar tidak terjadi masalah. Demikian juga dengan kelebihan asin pada makanan, cegah ini dengan tuang garam sedikit demi sedikit hingga rasanya pas di lidah anda. 

Post a comment

0 Comments